Bacalah: Membaca Peka Fitrah Seksualitas


Peluk anak-anak kita dalam doa.






Subtema diskusi hari ke enam ini lebih spesifik bagaimana berkomunikasi dua arah antara orangtua dengan anak dengan media “buku”.  Seperti yang diperintahkan dalam Al Quran maka ajaklah keluarga membaca bersama. Buku sebagai jendela ilmu menambah minat membaca, meningkatkan bonding anak dan orangtua.  Juga mentransfer dua arah mengenai mengenai fitrah seksualitas laki-laki dan perempuan lewat buku cerita anak.

Anak-anak akan berbinar matanya  saat membaca buku apabila sejak usia dini kita sebagai orangtua mendekatkan mereka pada buku. Membaca buku bersama juga salah satu pilihan bagaimana membentuk bonding yang baik untuk mengasah fitrah seksualitas anak. 

Lalu bila kita melihat di luar sana masih banyak anak yang kurang beruntung. Jangankan membaca buku, ayah ibunya pun entah kemana. Lalu mereka jadi korban pelecehan seksual, kemudian jadi pelaku. Kalaupun ada organisasi bertaraf internasional yang melindungi anak dengan tagline #savethechildren. Tapi entah kenapa mereka serasa jauh.  Tidak mencapai di kampung atau pelosok.

Disini kita harus bersyukur, betapa kita memiliki kesempatan membersamai anak-anak.  Ancaman global melalui kecanggihan teknologi bisa diatasi dengan tidak merasa khawatir yang berlebihan. Dampingi anak dan biarkan mereka tumbuh sesuai dengan fitrahnya. Anak akan berkembang paripurna bila peran orangtua (keayahan dan keibuan)baik. Kembali pada fitrah mendidik anak. Rumah adalah miniatur peradaban, maka baik dan buruk peradaban tergantung dari seberapa baik kita menumbuhkan fitrah anak -anak di dunia.  Peluk anak-anak kita dalam doa.


#harike6
#fitrahseksualitas
#bundasayangmaterisesi11
sumber dari ensiklopedia bocah muslim



Comments

Popular Posts