Pelecehan Seksual di Tempat Umum


Kita sering terpaku pada informasi hal hal teknis pendidikan seksualitas.  Tapi terkait perasaan, sensasi sentuhan, luput dibahas


Diskusi malam ini kita membahas tentang seringnya terjadi pelecehan seksual yang terjadi di tempat umum. Kita lebih menyoroti pada reaksi korban yang cenderung diam. Ada perasaan takut, malu dan banyak lagi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. 

Kami membahas tentang pelecehan seksual yang terjadi pasa korban berusia 12 tahun. Berada di angkutan umum. 

Tiba2 ada sensasi rasa geli merambat di area sekitar ketiak hingga pinggang.  Saya bingung,  perasaan apa ini? Saya menengok ke samping dan menemukan tangan orang asing menyentuh area tersebut,  disengaja. Tangannya ia sembunyikan di balik tangan satunya. Dia melempar senyum. 

Saya merasakan darah yg mendidih dan ingin teriak,  tapi rasa malu menghalanginya. Saya hanya bisa menatap dengan galak. Orang tersebut berpindah tempat duduk.  Saya turun dari mobil angkutan dengan emosi yang membludak. 

Malu.  Marah.  Dan saya menangis seharian saat sedang membersihkan tubuh yang terasa kotor dan tak kunjung bersih. 

Saat kejadian,  kedua orangtua saya menumpang angkutan yang sama,  namun mereka duduk di kursi depan,  bersebelahan dengan supir. Saat turun dari mobil angkutan,  saya tidak berani menatap mereka, mulut saya terkunci rapat.

Dari kisah diatas,  ada satu hal selain rasa takut yang dialami korban,  yang kadang orangtua lupa ajarkan juga.

Nah,  saat kejadian, korban menggunakan seragam sekolah, dan karena belum mengalami pubertas,  sebetulnya korban tidak menunjukan ciri fisik perempuan, kecuali memakai rok. 

Ada hal lain dalam internal korban yg membuatnya tidak bisa memberi respon semestinya. Kenapa?

Korban tidak mengenali 'sensasi'  yang dia terima. 

Korban tidak diajarkan tentang perbedaan sentuhan yang baik dan tidak baik. Tidak diajarkan peka pada sentuhan dan bagaimana membedakannya. 

Ini salah satu yang sering luput,  kita sering terpaku pada informasi hal hal teknis pendidikan seksualitas.  Tapi terkait perasaan, sensasi sentuhan, luput dibahas. 


#harike9
#fitrahseksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangsesi11
*297kata

Comments

Popular Posts