Waspadai Pelecehan Seksual pada Anak



Bila selama tujuh hari kita berdiskusi berdasarkan kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 orang. Di hari ke delapan ini kita isi dengan tayangan video yang dibuat oleh member kelas, Arlisa Febriani, tentu masih berhubungan dengan materi sesi 11 yaitu fitrah seksualitas pada anak.

Ada tiga kata kunci dalam video itu: berbalik,  membungkuk,  turunkan celana.

Video ini dibuat berdasarkan kejadian nyata. Tiga kata kunci diatas melambangkan pelecehan seksual yg dialami oleh anak umur 5 tahun. Selama belasan tahun dia bungkam. Karena menganggap itu permainan biasa. Lokasi kejadianpun ada di area rumahnya. Korban tidak paham bahwa dirinya sedang mengalami pelecehan seksual,  karena peran orangtua tidak memberikan pendidikan seksualitas sejak dini.

Ditengah asik berdiskusi, satu member dari Batam, Erli, memposting gambar yang dia gunakan untuk mengenalkan pendidikan seksualitas pada usia dini sebagi solusi agar kejadian serupa tidak terulang adalah dengan mengajarkan aurat serta sentuhan boleh dan tidak boleh.




Diskusi yang berlangsung selama 1 jam ini, merupakan diskusi tersingkat untuk materi 11.  Tapi tetap sarat makna. Malah hampir semua member kelas menyampaikan rasa ngeri dan sedih akan kejadian nyata tersebut.  Saya yakin diskusi interaktif ini akan sangat melekat bagi teman-teman dan menjadi bekal yang luar biasa saat mengenalkan pendidikan seksualitas pada anak-anak.  Amiin.


#harike-8
#fitrahseksualitas
#learningbyteaching
#bundasayangsesi11


Comments

Popular Posts