Happier Classroom with ClassDojo


Don’t let a desk hold you back. With Dojocast, your phone is your classroom remote. Every tool casts to your classroom computer or smartboard, magically.


Kalimat diatas adalah gimmick yang digunakan dalam laman ClassDojo.  Memang betul, dengan menggunakan aplikasi ClassDojo komunikasi antara guru, murid dan orangtua murid menjadi mudah dan efektif.  

Dalam aplikasi ini, ada fitur bagi guru untuk membangun kultur atau sikap positif pada murid-murid.  Sedangkan bagi murid, punya keleluasan untuk mengekspresikan diri atau showcase dengan memposting video atau foto.  Hal ini juga bisa digunakan oleh para guru sehingga mampu menceritakan aktifitas para murid dalam kelas kepada para orangtua.  

Ini merupakan tahun kelima saya menggunakan aplikasi ClassDojo dengan sekolah Sp.  Tapi waktu kelas satu dan kelas dua belum optimal penggunaannya. Di tahun kelima ini dua guru Sp yang menggunakan aplikasi ClassDojo. Wali kelas dan guru matematika. Komunikasi dengan walikelas tidak terlalu sering, sementara dengan guru matematikanya bisa dibilang seminggu tiga kali atau bahkan empat kali saya menerima up date.  Mulai tugas atau PR, pengumuman ulangan serta hasil ulangan yang dibagikan dan harus ditandatangani oleh orangtua sebelum dikembalikan esok harinya. 


Aplikasi ClassDojo ini gratis. Bisa diunduh di  iOS, Android, juga semua web browser.  Bagi saya ClassDojo merupakan portfolio digital.  Berbeda dengan blog atau tulisan lainnya, karena kita punya rekaman tidak saja berupa foto, tapi juga video. Bila harus memberikan rating berkisaran antara 4-10, maka saya memberi angka 9 untuk ClassDojo.



#Harike7
#Tantangan10hari
#KeluargaMultimedia
#BundaSayangIIP


Comments

Popular Posts