Resep Martabak Keju



Beberapa waktu lalu dapat resep martabak yang super duper mudah dari seorang teman asal Bandung, neng Nita. Resep martabak yang tidak perlu menyimpan adonan selama 1 jam atau lebih, atau juga menyimpan adonan di tempat yang tertutup atau ditutupin kain sebelum dituamgkam ke cetakan atau wajan. 

Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya saya bisa ‘memodifikasi’ resep mudah ini sebagai berikut:


Bahan: 
  • 300 gram tepung self raising. Bila tidak punya self raising flour, bisa menggunakan tepung terigu biasa dan ditambahan satu sendok teh baking soda.
  • 2 butir telur ayam, ambil kuningnya saja.
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • Air 400 ml 
  • Keju parut satu gelas.
  • Susu kental manis (optional)
  • Margarin atau mentega untuk olesan.

Cara Membuat:

1. Masukkan telung, kuning telur, gula, garam dan air dalam satu wadah. lalu aduk rata, boleh menggunakan whisk atau langsung dengan mixer dengan kecepatan sedang.

2. Pasakan happycall atau wajan anti lengket berdiameter 24 cm di atas api kecil.  Setelah permukaan wajan lanas, masukkan seluruh adonan, tutup. Jangan lupa menutup tutup wajan dengan kain, agar uap dalam tutup wajan tidak membasahai adonan. 

3. Setelah beberapa saat, buka tutup wajan atau happycall, bila adonan sudah mulai bolong-bolong, maka oleskan susu kental manis sesuai selera, lanjut taburkan keju parut setengah dari permukaan wajan/happycall. Tutup kembali wajan. Biarkan 1 menit.

4. Buka tutup wajan/happycall, lipat adonan menjadi setengahnya. Angkat bila bagian luar martabak sudah terlihat kecoklatan. Oleskan margarin/mentega pada bagian luar martabak saat masih panas.

5. Potong sesuai selera, siap dihidangkan.






Comments

  1. Selama ini martabak taunya ya beli. Padahal punya loh happycallnya. Bisanya cuma dipakai buat popcorn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah blm pernah bikin popcorn pakai happycall teh. Makasih ya mau dicoba kalau weekend hehehe

      Delete

Post a Comment

Popular Posts