Peran Orangtua di Kegiatan Sekolah

Beberapa hari lalu saya menghadiri undangan sekolah PAUD si bungsu untuk melihat karya atau peoyek bersama keluarga di sekolah.

Proyek ini diberikan sekitar dua minggu sebelumnya. Proyek membuat rumah dari barang-barang bekas. Selain menciptakan bonding antara orangtua dan anak, juga mengenalkan sistem daur ulang kepada anak-anak.
Barang-barang yang sudah tidak terpakai bisa juga menjadi mainan yang mengasikkan.    

Awalnya kami membuat satu bangunan apartemen. Bahan yang kami gunakan kertas kalendar meja tahun lalu. Saya membuat garis untuk melipat kerta menjadi empat bagian. Setelah itu Sn akan melipat sesuai garis yang ada, menekan kertas dengan tangan kecilnya. 

Sesekali saya bantu menekan lipatan agar lebih terbentuk. Dengan cara tangan saya memegang kertas dan tangan Sn diatas ikut menekan. Kemudian Sn minta gantian tangan dia yg memegang kertas dan tangan saya yang diatas untuk bantu menekan. Sambil mengenalkan peribahasa Two head is better than one.



Karya orangtua dan anak membuat rumah dari bahan daur ulang

Karena senang memainkan hasi karya bersama itu, akhirnya dalam beberapa hari si apartemen kertas sudah tidak kelihatan utuh sebelum dibawa ke sekolah!

Bersambung....



Comments

Popular Posts