Mengenalkan Dasar Matematika pada Anak



Mengenalkan dasar matematika pada anak bisa dilakukan dengan asik. Kita melakukan sambil bermain, sehingga anakpun akan merasakan ketagihan. 

Untuk permainan ininsaya menggunakan kancing berbagai warna dan ukuran, pompom dengan tiga warna dan ukuran. 

Kancing dan pompom bisa diganti dengan benda lain seperti potongan lidi, kacang merah atau biji jagung kering. Dari sini kita bisa mengenalkan perbedaan ukuran, bentuk dan warna.

Untuk kontener, saya menggunakan kontener bekas jelly. Sebagai alternatif bisa juga menggunakan mangkuk plastik. Semua peralatan di sekitar kita dalam rumah bisa digunakan. Bermain asik dengan anak-anakpun tidak perlu mahal bukan.



Jenis pernainan ini cocok untuk anak usia 3 sampai 5 tahun. Sayang saya sedang ada masalah dengan perangkat handphone yang tidak bisa menyertakan foto peralatan yang sudah disiapkan. 

Peralatan yang dibutuhkan
1. kancing baju berbagai ukuran dan warna.
2. Pompom berbagai ukuran dan warna (opsional). 
3. Kontener kecil bekas jelly
4. Karton atau kertas gambar ukuran A3
5. Spidol
6. Pinset

Persiapan
1. Gambarlah 10 lingkaran pada karton atau kertas gambar. Jarak antar lingkaran sekitar empat jari.

2. Tulisi setiap lingkaran dengan nomor. Saya gunakan nomor 3 -11
Sengaja tidak memakai angka 1 dan 2 karena nominal yang sangat mudah diingat anak-anak.



Cara bermain
Cara permainan ada dua cara. 
1. Mengenalkan  ukuran: besar, sedang dan kecil. 
2. Mengenalkan volume: berat dan ringan. Sedikit dan banyak.

1. Mengenalkan ukuran besar dan kecil
Dengan menggunakan pinset atau pencapit. Kita memberikan contoh kepada anak untuk mengelompokan kancing dan pompom berdasarkan ukuran. Besar, sedang dan kecil. 

Masukkan kancing dan pompom berdasarkan ukuran ini ke dalam kontener. 
Pada ronde pertama kita mengambil kancing dan pompom. Pengambilan kancing dan pompom dengan jari tangan. Pada ronde kedua kita bisa mengajarkan pada anak untuk mengambil kancing dan pompom dengan menggunakan pinset atau penjepit. Kegiatan ini bukan saja mengenalkan dasar matematika, kita juga melatih sistem motorik pada jemari anak. 


2. Mengenalkan volume
Pada permainan ini kita mengenalkan volume benda pada anak.
Disini kita menggunakan kertas karton yang sudah dilengkapi lingkaran bernomor. 

Langkah pertama kita memberi contoh pada anak. Misalnya kita gunakan lingkaran nomor 5.  Hitung pompom dan atau kancing sebanyak lima buah kemudian letakkan dalam lingkaran lima tersebut.  Minta anak untuk melakukannya pada semua lingkaran yang belum terisi.

Setelah semua lingkaran terisi, kita bisa mengenalkan bahwa lingkaran enam lebih banyak dibanding lingkaran tiga, empat juga lima. Kita bisa memberikan pertanyaan lebih besar mana tujuh dengan sebelas? Dan sebagainya. 

Untuk anak yang berumur lima tahun, permainan ini bisa dilanjutkan dengan pertambahan dan pengurangan. 

______

Referensi: terinspirasi dengan PR dari sekolah anak serta beberapa permainan online di Pinterest yang dimodifikasi sesuai dengan peralatan yang mudah didapat tanpa perlu keluar dana lagi. 









Comments

Popular Posts