Belajar dengan Bahagia


Bismillah,

Telur-telur hijau ✅

Telur-telur merah ✅
Kini saatnya mengisi telur-telur oren

Dalam tugas minggu ketiga terasa benar makna merdeka belajar dan belajar merdeka! Setelah memilih lima keterampilan sebagai penunjang dari kekuatan diri.


Untuk memudahkan fokus dengan apa yang ingin pelajari. Pada telur oren saya mengisikan tujuan belajar, ilmu yang saya perlukan, sumber ilmu serta cara belajar. Seperti yang tertera dibawah ini:





Alhamdulillah dengan penjelasan di atas, saya memiliki gambaran ilmu apa yang harus diperdalam agar mencapai apa yang diinginkan.  Saya percaya dengan istilah "Ketika seorang ibu bahagia, maka anggota keluarganya pasti juga bahagia."  Saya mencoba dengan membuat perencanaan harian serta mingguan. Sedikitnya dalam satu bulan. Lalu melakukan review di setiap akhir pekan. 

Saya juga harus bisa berdamai dengan diri sendiri. Sehingga bisa belajar dengan bahagia sesuai dengan skala prioritas. Tidak terlalu kaku dengan perencanaan yang detail. Yang utama adalah perencaan awal menuju starting point cukup matang. Lalu proses menuju pencapaian target tidak terlalu kaku. Karena tidak mustahil dalam proses ini bisa menemukan momen Aha!  

Momen Aha! selalu mampu mengantarkan diri pada hal-hal yang tidak diperkirakan sebelumnya. Selain membuat kita semangat juga mampu mematangkan bahkan mengakselerasi progres menuju target. Hal ini kuat dengan blue print hidup kita. 

Setiap orang hidup sudah memiliki blue print. Saat kita bertawaqal dalam hidup biarkan mengalir dengan perencanaan yang siap kita upgrade setiap saat sesuai kondisi.  Sehingga kita akan menemukan kejutan-kejutan manis yang mampu memperkaya pengalaman hidup.

Tidak cepat kecewa bila kita tidak mencapai target yang sudah ditentukan sebelumnya. Kita sadar akan jalan hidup yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Tapi hal ini bukan berarti membiarkan diri untuk mengalir apa adanya tanpa tawaqal juga perencanaan. 

Kunci utamanya untuk bisa Bersiap belajar dengan bahagia adalah bersyukur.  Berdamai dengan diri, tidak banyak mengeluhkan apa yang tidak kita miliki. Dari sini saya menguraikan tiga ilmu yang harus dipelajari sebagai berikut:







#belajarmerdeka
#merdekabelajar
#janganlupabahagia







Comments

Popular Posts