Ema Binangkit



Minggu ke empat di kelas Bunda Cekatan menambah semangat yang luar biasa.  Setelah mengerucut pada ilmu atau keterampilan pendukung. Peserta kelas diminta memetakannya (mind map) agar mudah mengimplementasikan serta mengetahui progres aktivitas.

Karena kepadatan jadwal dalam tiga hari ke depan cukup ketat. Saya membuat Mind map secara manual, tidak menggunakan program komputer.  Dengan keyakinan bahwa hal ini  tidak akan mempengaruhi semangat saya dalam menjalankan projek ini.

Nama projeknya ema binangkit. Artinya ibu serba bisa, atau ibu cekatan.  Saya memilih menggunakan bahasa ibu saya yaitu Sunda.

Ema binangkit memiliki empat topik yaitu:
Komunikasi produktif
Manajemen waktu
Online & offline workshop
Membaca buku

Ke empat topik  tersebut masing-masing memiliki subtopik dan sub-subtopik, disini saya sebut cabang. Dengan penjelasan detail sebagai berikut:

Komunikasi produktif memiliki tiga subtopik yaitu: ekspresi, bahasa tubuh dan simple & positive talk. Disini saya akan berusaha melatih diri lebih optimal untuk meminimalisir kesalahpahaman yang terjadi dengan anggota keluarga.  Agar tidak sendirian atau satu pihak yang melakukan komunikasi produktif. Di waktu bersamaan ini saya mengajarkan atau melatih anak untuk membiasakan diri menggunakan simple and positive talk dalam keseharian.

Manajemen waktu memiliki satu subtopik yaitu daftar aktivitas. Lalu memiliki satu cabang, skala prioritas. Yang memiliki dua cabang yaitu jadwal harian dan jadwal mingguan.

Online & Offline workshop, subtopiknya mengikat makna. Diikuti dengan dua cabang: Menuliskan kembali/resume dan Bercerita/diskusi dengan anak.  Sehingga intisari dari workshop akan terasa lebih melekat dalam pikiran dan juga langsung dilaksanakan pada anak-anak melalui diskusi atau bercerita. Bukan tidak mungkin respons dari anak terutama yang sulung akan memberikan perluasanan wawasan dan pengertian dari intisari workshop tersebut.

Membaca buku, subtopik dan cabangnya sama dengan topik ketiga.  Pada diagram mindmap yang saya buat, setiap subtopik mengikat makna dilengkapi dengan gambar hati merah.  Ini mengandung arti bersyukur/grateful.  Allah memberikan rahmatNya dengan mengijinkan saya bisa menimba ilmu melalui buku ataupun workshop.

Sesuai dengan janji Allah pada surat Al Alaq:5;  Dia mengajarkan kepada manusia apa ang tidak diketahuinya.  

Bila mentadabburi ayat ini:  Allahlah yang telah menciptakan dan mengajarkan. Segala sesuatu dimulai dan diciptakan berasal dari Allah SWT. Allahlah yang mengajarkanilmu pengetahuan, sehingga manusia dapat mempelajari dan mengetahuinya. Allah mengajarkan kembali ilmu baru yang tidak bisa didapatkan dengan membaca dan menulis.  Mengamalkan ilmu menyebabkan Allah memberikan ilmu baru kepadanya. (Tadabbur Hidayah Quran, UBN Academy)

Melalui cabang menuliskan kembali atau membuat resume dalam blog serta berdiskusi dengan anak yang sudah aqil baligh merupakan berbagi ilmu. Semua karena Allah. Semoga memberikan berkah. Aamiin. 


 




Adapun tujuan dari projek ema binangkit ini adalah menjadi madrasah bagi anak-anak; anak-anak bahagia serta membuat suami bahagia dan berarti. 

Kata binangkit ini sebetulnya bukan sekedar hasil pencarian diski dalam bahasa daerah yang susai dengan nama kelas Bunda Cekatan.  Ini lebih dari realisasi impian remaja saya yang terinspirasi oleh almarhumah nenek yang cekatan. Dan selalu menjadi sosok yang disanjung oleh almarhum bapak saya. 

Impian saya saat itu bila sudah dewasa kelak saya ingin menjadi istri binangkit. Istri cekatan, serba bisa baik dalam mengurus/mendidik anak, mengurus rumah, memasak dan pekerjaan rumah lainnya.  Istilah Istri binangkit sangat akrab di telinga para orangtua dulu yang menggunakan bahasa sunda dalam keseharian. Jangan tanya kalau generasi milenia Jawa Barat, pintar bahasa Sunda pun sudah keren. Seperti yang kita ketahui, bahasa daerah sudah terlibas saat ini.

Melalui kelas Bunda Cekatan ini, semoga impian remaja saya bisa tercapai. Projek pada telur oren yaitu emak binangkit.  Lalu ke depannya memperluas cakupannya dengan mengimplementasikan telur hijau, dengan nama projek istri binangkit. Aamiin Allahuma aamiin.





#merdekabelajar
#bunda cekatan
#janganlupabahagia



Mind map

Comments

Popular Posts