Camping Ground Bunda Cekatan


Pekan ke-5 kelas ulat-ulat di program Bunda Cekatan

Setelah mengelilingi berhektar-hektar kebun apel, para ulat sampai di camping ground hutan pinus. Di keseruan ini, para ulat diminta mingle mencari teman baru dan ngobrol tentang keluarga apa saja yang mereka ikuti serta alasan memilih keluarga tersebut.  Minimal mendekati lima teman baru, lalu membuat grafik untuk mengetahui keluarga atau kelas favorit mereka.

Saya,  berhasil mendapatkan lima belas teman baru. Saya ingin benar-benar mendekati teman baru, jadi teman-teman sekelas di Matrikulasi dan Bunda Sayang sengaja tidak saya dekati.  Bukan bermaksud untuk melupakan teman seperjuangan. Selain yang memang arahan dari pemateri harus mendekati teman baru, ini juga menjadi ajang pencarian teman baru. 

Meskipun ada panduan dari untuk komunikasi singkat dan langsung ke akar pemasalahan, saya menggunakan pendekatan yang menurut saya memegang adab berkomunikasi. Kalau sekedar mendekati orang untuk mendapatkan informasi yang kita dapatkan serasa seperti petugas sensus. Ada pula teman seregional yang berpendapat seperti sedang melakukan Multi Level Marketing.

Saat Bu Septi masih live memberi arahan untuk tugas pekan ini, saya menuliskan komentar, agar teman-teman memeriksa messanger facebook, saya mengirimkan salam kenalan. Bila teman-teman merespon, maka mereka otomatis akan mendapatkan satu teman. Saling melengkapi. 

Dari postingan itu saya mendapatkan beberapa like. Jadi selain memilih secara acak dari teman-teman yang berkomentar saat live tersebut, Saya mengirimkan salam perkenalan dari kepada mereka. Alhamdulillah, mengirim salam perkenalan kepada sembilan orang dan mendapat kiriman salam dari enam orang. Tanpa disangka terbanyak dari keluarga Manajemen Waktu atau rumah Uluwatu. Tidak mengherankan kelas Manajemen waktu memang diisi 600 lebih dari 1700 peserta Bunda Cekatan!



Sebagian besar teman-teman memilih satu keluarga. Alasannya selain cocok dengan topik pada MindMap, juga senang dengan informasi dan ilmu yang didapatkan. Hanya tiga orang yang bergabung lebih dari satu keluarga mengikuti topik dari Mind map mereka. 




Saya juga melakukan obrolan yang lebih dalam dengan beberapa teman saat memiliki topik yang sama dalam mindmap. Tapi prioritas kita berbeda. Lalu kita saling berbagi informasi baik hasil informasi dari keluarga di Jungle of Knowledge, juga sumber terpecaya dari luar. Kerepotan yang saya dengar dari teman-teman yang merasa mendadak seperti artis, tidak terlalu saya rasakan. Sambil ngobrol saya selipkan permintaan maaf bila lambat merespons. Selain perbedaan waktu juga hari itu menjelang akhir pekan. 




#janganlupabahagia
#materi5
#kelasulat
#bundacekatan
#buncekbatch1
#institutibuprofesional


Comments

Popular Posts