Ilmu Tajwid: Idghom


Beberapa minggu mendatang saya mendapat giliran untuk presentasi di group tahsin yang saya ikuti setiap hari Jumat. Saat dibagi materi dan nama member. Saya dapat materi Idghom. Selain persiapan bahan presentasi yang rencananya akan saya buat berupa e-poster. Saya juga menuangkan ke dalam blog ini. Tujuannya adalah dengan menuangkan pengertian yang saya miliki tentang materi dalam tulisan  ini sebagai arsip agar bisa meningkatkan ilmu tajwid saya yang masih tingkat dasar ini. Sumber rujukan saya tuliskan di akhir tulisan ini. Bismillahirohmanirrohim.

Idghom

Idghom memiliki makna dalam bahasa Memasukkan. Dalam istilah ilmu tajwid adalah memasukkan huruf yang mati ke dapam huruf yang berbaris, seolah menjadi satu huruf yang bertasydid.

Ada enam huruf idghom, yaitu: و  ي ن م ر ل

Bila nun mati atau tanwin bertemu dengan enam huruf idghom, pembacaanya wajib diighomkan. Pada hukum ini idghom dibagi dalam dua yaitu:

1. Idghom Bigunnah: Memasukan nun sakinah atau tanwin pada huruf berikutnya dan didengungkan selama dua harakat atau ketukan. Huruf idghom bigunnah ini ada empat  yaitu: ي م ن ل 

2. Idghom Bilagunnah: Memasukkan nun sakinah atau tanwin pada huruf beriktunya tanpa didengungkan. Ada dua huruf  idghom bilagunnah لً dan ر



Idghom Kamil dan Idghom Naqish

Berdasarkan tehnik pembacaan nun sakinah dan tanwin pada hukum idghom ini juga terbagi dalam dua hukum, yang disebut Idghom Kamil dan Idghom naqish.  

Idghom kamil adalah idghom yang sempurna. Karena suara tanwin atau nun sakinah (makhroj dan sifatnya) betul-betul dimasukkan pada huruf berikutnya dengan pengucapan bertasdid. Bunyi nun sakinah atau tanwinnya hilang berganti dengan huruf idghom (huruf selanjutnya). 

Idghom kamil berlaku pada huruf: م ن ر ل
Contoh:
Pada huruf ر
مِنْ زَّ بك

  
Pada huruf ل
مِِنْ لَّدُ نْكَ

Idghom naqish adalah idghom yang tidak sempurna. Yaitu suara huruf pertama (nun sakinah atau tanwin) sementara sifatnya tetap ada sehingga mengakibatkan pengucapan tasydid di huruf kedua (huruf idghom) tidak sempurna. 

Idghom naqish berlaku pada huruf: و dan ي
Contoh: 
Pada huruf و
مِنْ وُ جِدَ
Pada huruf ي
حِسَا بًا يَسِرًا


In syaa Allah selanjutnya saya akan menuangkan hukum Idghom Mutamatsilain, Idghom Mutajanisain dan Idghom Mutaqaribain


Sumber: 
Buku Tajwid Al Quran Tahap 1 & 2. Penerbit Al-Jenderaki Enterprise Kuala Lumpur.
Hukum Tajwid.com 

Comments

Popular Posts