Refleksi Belajar di pekan ke-7

Kelas ulat pekan ke-7 program Bunda Cekatan

Setelah melewati Jungle of Knowledge lalu bertemu dengan keluarga untuk menimba ilmu, lalu berkenalan dengan teman baru di camping ground dan meracik makanan kesukaan untuk diberikan kepada teman baru. Kini di pekan ke tujuh para ulat diminta untuk merefleksikan perjalanan yang sudah ditempuh itu.

Duduk manis membongkar isi keranjang. Mencari tahu berapa makanan utama yang berhasil kita dapatkan, cemilan-cemilan serta hadiah dari teman baru lalu klasifikasikan. Dengan demikian saya bisa tahu apakah kebahagiaan dan keceriaan saya selama selama di rimba pengetahuan itu memang sesuai dengan mind map. Karena tidak selamanya sibuk itu produktif. 

Ada empat makanan utama dalam mind map saya, tapi saya mencoba untuk fokus pada satu makanan utama karena ini bersifat important and urgent. 

1. Makanan utama sesuai dengan mind map: Manajemen waktu
Saya fokus untuk memperdalam topik ini. Setelah mengenal beberapa tehnik dalam manajemen waktu ini saya mempelajari tehnik Pomodoro dan Bullet Journal. Keduanya sudah saya coba. Merasakan perubahan yang lebih baik. 

Untuk Bullet Journal karena cukup banyak komponen yang mempelajarinya sambil melakukan sedikit demi sedikit. Saya merasa lebih kreatif dan mendapatkan banyak ide-ide bermunculan. Ini sangat membantu saya dalam mempelajari sekaligus menggunakan komponen-komponen Bujo. 

Di pekan ke-5 saya berbagung dengan kulwhap tentang kandang waktu dan skala prioritas dari group kecil keluarga manajemen waktu. 





 2. Cemilan
Saya mendapatkan cemilan hanya melalui Go Live di facebook, yaitu portfolio anak dan mengenalkan gemar baca buku pada anak.
Itupun saya tahan-tahan untuk tidak mengikuti, khawatir melenceng jauh dari mind map. Karena menu yang ditawarkan sangat menggugah selera. Saya tetap mengingatkan diri akan tsunami ilmu. Banyak dapat ilmu tapi tidak mendapatkan manfaatnya. Malah yang ada perasaan bingung. Meskipun tidak masuk dalam mind map saya, tapi kedua topik cemilan ini memang baiknya dilakukan dalam sehari-hari. Setidaknya saya mendapatkan panduan yang lebih jelas dalam melakukan dibanding sebelumnya.

3. Hadiah
Saya mendapatkan delapan hadiah.

3.1 Lima berhubungan dengan manajemen waktu, sesuai topik mind map.

3.2 Satu tentang komunikasi dengan remaja, ini merupakan permintaan saya. Karena sudah dapat empat tentang manajemen waktu. Hadiah ini berhubungan erat dengan topik kedua dalam mind map saya yaitu Komunikasi Produktif. Rencananya akan dibaca setelah cukup puas menguasai Bullet Journal.

3.3 Satu ungkapan terima kasih dan menjaga tali silaturahmi agar bisa saling memotivasi selama berjuang di kelas Bunda Cekatan ini.

3.4 Quote untuk membersamai anak.  

Lalu apakah saya cukup puas dengan makanan yang saya ambil di Rimba Pengetahuan ini? Saya bahagia. Tapi dalam melengkapi cemilan pelengkap menu utama saya juga dapatkan dari luar. Kenapa? 

Saya butuh cemilan yang sesuai dengan gaya belajar saya. Cara ini lebih banyak membantu. Bila berhasil mencerahkan, maka saya bagi cemilan ini kepada teman-teman di di group Bullet Journal. Semua cemilan ini masih berhubungan dengan manajemen waktu.

Lalu untuk tiga topik lain dalam mind map, sebagian sudah saya rambah juga. Hanya porsinya kecil. Dari empat topik utama manajemen waktu adalah prioritas pertama, kedua ada pada Komunikasi Produktif - menghadapi anak usia remaja/aqil baligh. 

Lalu yang ke tiga adalah mengikuti workshop offline juga online. Sementara ini setiap dua minggu sekali saya mengikuti kelas Tadabbur Quran  dan online bergabung dengan UBN Digital Academy. 

Topik ke empat adalah membaca buku. Buku yang berhubungan dengan parenting, membangun keimanan pada diri dan anak-anak.  Kedua subtopik dari topik ketiga dan keempat sudah saya lakukan secara rutin dengan bergabung di Kelas Literasi Ibu Profesional.


Alhamdulillah, semoga saat masuk fase kepompong saya cukup memiliki bekal. Aamiin. 


#janganlupabahagia
#materi7
#kelasulat
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional






Comments

Popular Posts