Resep Nasi Bakar

Pertama kali mendengar makanan satu ini penasaran. Maklum kalau mudik memang jarang wisata kuliner. Karena lebih suka kangen-kangenan dengan makanan di rumah jaman masa muda dulu, eh!  Terasa lengkap karena ditunjang oleh suasana rumah juga teman makan. 

Jadi saat teman menawarkan mau ikutan pesan nasi bakar, saya tidak pikir panjang. Langsung pesan dengan isi yang berbeda. Setelah mencoba.... oh begini toh. Lihat kemasan dan rasa, langsung tuing.... tombol ideationnya aktif.  Sejak itu jadi rajin bikin nasi bakar. Apalagi kalau bikin nasi liwet atau nasi uduk pasti porsinya dibanyakin. Besoknya dibuat nasi bakar, mudahkan? Yuk simak cara bikin nasi bakar rumahan yang mudah dan sehat.



makassarkuliner.com




Bahan yang diperlukan:

1. Daun Pisang, bisa diganti dengan aluminium foil.
2. Nasi. 
Selain nasi liwet/nasi uduk, saya juga suka memanfaatkan nasi sisa makan malam. Bisa dipakai satu porsi nasi bakar untuk saya sendiri. Daur ulang nasi hehehe.
3. Isi.
Bisa menggunakan sambal terasi, ikan asin cumi, tumis oncom, sambel tempe, goreng teri. 
4. Daun kemangi, bila sulit bisa diganti dengan daun melinjo (optional)
5. Kalau menggunakan nasi biasa tambahkan daun salam, lengkuas sesuai selera.



Cara membuat:

1. Siapkan daun pisang yang sudah bersih atau aluminium foil. Ukuran sesuai selera. Sebarkan nasi lalu isi (sesuai selera) yang sudah disiapkan diatas. 

2. Campurkan bahan nomor 3 dan 4. Bungkus dengan cara menggulung. Ikat kedua ujung daun pisang dengan tusuk gigi kayu.

3. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama tiga puluh menit, suhu 200 derajat celsius.  Bisa juga menggunakan wajan, kita harus memastikan seluruh bagian nasi bakar terpanggang merata. Siap dihidangkan.

Selamat mencoba.





Catatan tambahan

Nasi liwet bisa dibuat lebih mudah dengan menggunakan rice cooker atau pressure cooker
Caranya :
1. Cuci beras seperti biasa kalau kita mau masak nasi. Misalnya untuk 3 gelas beras. Air sesuai jenis beras yang biasa digunakan oleh teman-teman.
2. Tambahkan bawang merah ukuran sedang 4 siung dan 3 siung bawang putih, dua batang serai, dua ruas lengkuas. Cuci dan geprek. Tiga daun salam. 
3. Garam sesuai selera. Saya biasa menggunakan kaldu cair tanpa MSG, satu gelas beras satu sendok makan kaldu. 
4. Minyak sayur 1 sendok makan.
5. Setelah bahan semua masuk rice cooker/pressure cooker, aduk agar semua bumbu merata. dan masak seperti biasa.  Saya biasa menggunakan electric pressure cooker, jadi nasi liwet sudah siap dinikmati kurang dari 7 menit. Penggunaan dikurangi setengah gelas dibanding kalau masak menggunakan rice cooker. misalnya dalam rice cook biasa menggunakan 5 gelas air, saat pakai electric pressure cooker cukup 4.5 gelas air.


Sambal tempe:
Bahan yang dibutuhkan: kencur, rawit, garam, tempe digoreng setengah matang. Daun kemangi sesuai selera (optional). 
Ulek semua bahan diatas, tidak terlalu halus. Koreksi rasa.





Comments

Popular Posts