The Power of Habit Tracker - Bujo


Awal bulan yang terasa menghangatkan hati karena mendapat badge You Are Excellent dari KLIP (Keluarga Literasi Ibu Profesional).  Ini merupakan bulan kedua berturut-turut mendapat bagde sejak kembali aktif dalam KLIP Januari tahun ini.

Ada tiga badge yang diberikan KLIP kepada para member dengan mengirimkan tulisan secara rutin dalam satu bulan :
You are Good untuk 10 tulisan 
You are Excellent untuk 20 tulisan 
You are Outstanding untuk 30 tulisan, kecuali untuk februari hanya 28 tulisan saja.



Di bulan pertama saya mendapatkan bagde dasar. Di bulan kedua ini terasa istimewa terutama usaha yang sudah saya lakukan. Sejak kembali aktif dalam KLIP tujuan saya adalah rutin menulis untuk diri sendiri (MUDs). Tehnik yang saya dapatkan dari motivator menulis alm Hernowo Hasim. Mengejar kebahagiaan dengan menulis bukan karena untuk mendapatkan badge atau badge oriented.

Yang membuat istimewa saat mendapatkan badge You are Excellent adalah, ketika di tengah bulan saya memutuskan untuk memberi tantangan untuk diri sendiri, bisa gak bulan ini menulis lebih banyak sampai akhir bulan. Ide ini terbersit karena perasaan senang dan takjub saya saat melihat habit trackers Bullet Journal di minggu kedua bulan Februari.  

Melihat begitu banyak bulatan-bulatan hitam di setiap harinya sebagai tanda bahwa saya mampu konsisten mengerjakan aktivitas sesuai target yang saya buat. Alhamdulillah Bullet Journal bisa membantu saya dalam mengatasi kelemahan.  

Lima hari terakhir terasa berat untuk menulis setiap hari karena padatnya jadwal harian saya bersama anak-anak.  Sempat mau nyerah, tapi sayang banget tinggal lima hari lagi. Saya tidak mau menyerah begitu saja.  

Mengenal bakat dan karakter bawaan lahir memang hal yang baik, Tapi bukan berarti ini dijadikan pembenaran.  Saya ingat dalam teori Talent Mapping oleh Abah Rama, memang setiap karakter dan bakat bawaan tidak bisa dirubah termasuk kelemahan kiita. Tapi pengalaman hidup bisa membantu kita mengatasi kelemahan kita.

Sungguh, Habit tracker dalam Bullet Journal betul-betul telah memberikan perubahan dalam keseharian dan membantu saya meraih target.

Jadi, gimana untuk bulan Maret ini? Apakah targetnya 20 atau naik menjadi 30 tulisan? 
Well, saya putuskan untuk menulis dengan rileks tidak terburu-buru dikejar deadline sotoran dan juga memilih kualitas tulisan dibanding kuantitas. Sesuai dengan tujuan awal, MUDs, mendapatkan kebahagian dengan menulis, In syaa Allah.




Comments

Popular Posts