Final ataukah Sementara

Mengikat makna buku Mengubah Takdir karya Agus Mustofa. TopikFinal ataukah Sementara



Masih berkaitan dengan urutan waktu pada bahasan sebelumnya yaitu Kapan Takdir Ditentukan. Penulis memberikan contoh sederhna.  

Ada seseorang yang kaya, apakah kekayaannya akan terus kepanjangan atau tidak. Secara empiris dengan mudah akan dijawab kekayaannya belum tentu final. 

Kuncinya bergantung upaya dia dalam menjaga kekayaannya. Bila dia tidak terlena dengan kekayaanya dia tidak akan berfoya-foya dan tetap hidup hemat dalam kewajaran. Bisa jadi dia akan memiliki kekayaan hingga ajal menjemput.

Tapi bila dia merasa puas lalu berfoya-foya, menghamburkan uang sekehendaknya. Bermalas-malasan. Bisa jadi kekayaannya akan ludes dalam waktu yang tidak lama. 

Jadi takdir itu belum final, baru sementara. Jika hari ini dia ditakdirkan kaya, dan kemudian bisa menjaganya maka esok harinya dia tetap mendapat takdir kaya.  Jika besok dia bisa menjaga lagi, maka lusanya dia akan memperoleh takdir kaya lagi.  Kalau sebulan ini dia bisa menjaganya maka bula berikutnya dia memperoleh takdir kaya lagi. Begitu seterusnya.

Jika tidak, boleh jadi ia memperoleh takdir kaya hanya pada bulan ini atau tahun ini.  Bulan atau tahun berikutnya dia mendapatkan takdir miskin.

Maka janganlah kamu tergesa-gesa memintakan siksa terhadap mereka, karena sesungguhnya Kami hanya menghitung datangnya (hari siksaan) untuk mereka dengan perhitungan yang teliti. QS Maryam:84

Takdir adalah keputusan dan ketetapan Allah yang bisa berubah terus dari waktu ke waktu. Hari ini ditakdirkan sehat, besok bisa berubah menjadi takdir sakit., karena ceroboh dalam menjaga kesehatan kita. Pola makan, gaya hidup dan sering stres/pikiran tidak tenang.

Hari ini berkuasa, tahun depan bisa jatuh dikudeta.  Karena dalam mencapai kekuasaan dengan cara yang tidak benar. Banyak menebar musuh. Tidak memimpin dengan adil, korupsi dan lainnya.

Takdir berubah terus bahkan dalam skala singkat, berubah dalam setiap jam, menit dan detik. Perubahan takdir skala singkat bisa kita lihat pada orang yang sedang sakit parah.  Perkembangannya berubah secara cepat melalui denyut jantung, gerakan paru-paru, ginjal, liver. Tiba-tiba jantungnya anfal dan dokter terlambat mengatasinya. Allah menakdirkan dia meninggal dunia.


Dan kalau sekiranya Allah menyiksa manusia disebabkan usahanya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi suatu mahluk yang melatapun akan tetapi Allah menangguhkan (penyiksaan) mereka, sampai waktu yang tertentu; maka apabila datang ajal mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Melihat (keadaan) hamba-hamba-Nya. QS Fatir:45

Kebanyakan dari kita menganggap takdir yang terjadi pada seseorang bersifat final. Tidak bisa dirubah dengan cara apapun.

Padahal sesungguhnya hanya takdir awal aalias Takdir Dasar (qadar) yang tidak berubah.  Karena memang sudah terjadi dan terbawa oleh kelahiran kita. SEdangkan takdir lainnya dalam kehidupan kita bergerak dan berubah terus sepanjang usia. 

Ada berjuta-juta takdir yang ditentukan Allah sepanjang usia kita. Yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi. Mulai dari bayi sampai tua nanti.  Mulai dari lahir sampai mati. Takdir terus bergerak dan berubah sepanjang berubahnya waktu dan usia. Takdir kemarin diganti takdir sekarang, takdir hari ini berubah menjadi takdir esok.  Takdir besok akan berubah menjadi takdir nanti. Takdir nanti berubah menjadi takdir kelak. Berjuta takdir berubah menggerakkan roda kehidupan kita, seiring Kemurahan Allah atas makhluknya. 📘




#tantangan30hari
#kelaskepompong
#bundacekatan
#institutibuprofesional
#day24








Comments

Popular Posts