4 Amalan Istimewa Dilakukan di Hari Jumat


Bagi umat Islam, hari jumat adalah hari yang istemewa. Seperti yang tertuang dalam Tafsir Ibnu Katsir tentang QS At Taubah ayat 36, bahwa Allah telah memilih hari yang termasuk istimewa dari yang hari lainnya yaitu hari Jumat. 

Dari beberapa keistimewaan itu, Syekh Ali Jaber menyampaikan ada empat amalan yang sebaiknya dilakukan pada hari Jumat:

1. Bersyalawat
Pesan Rasulullah SAW Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”
Karena perintah ini kita bisa menomorduakan dzikir lainnya agar bisa mengutamakan syalawat nabi.


2. Membaca Surat Al Kahfi.  
Dari Abu Sa'id Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda:"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari oleh cahaya di antara dua Jumat."
Mengingat surat ini memiliki 110 ayat, 10 halaman. Bagi yang masih belajar membaca Quran tidak perlu membaca sekali langsung selesai. Bisa dilakukan ba'da shalat Subuh, Duha, Dzuhur dan menamatkannya di waktu Asyar. Bagi yang belum bisa membaca Quran tetap bisa melaksanakan amalan ini dengan menyimak atau murotal.

3. Doa, berdasarkan hadist, ada satu jam di hari Jumat yang bila kita berdoa saat itu akan diijabah oleh Allah SWT. Dari bergitu banyak ulama banyak yang menyepakati satu jam ini jatuh pada akhir hari Jumat yaitu setelah waktu Asyar 1 jam sebelum masuk waktu Maghrib. Lama berdoa tidak mewajibkan harus selama satu jam itu. Diserahkan kepada setiap orang ingin mengoptimalkan amalan istimewa di hari yang istimewa. Dan in syaa Allah akan dikabulkan. 
Di Madinnah setiap hari Jumat satu jam menjelang maghrib, para guru dan orang-orang saleh yang sedang belajar akan meninggalkan pekerjaan, ilmu, majelis untuk berdoa.

4. Bersedekah pada subuh hari. Syekh Ali Jaber menekankan pada subuh hari karena ada hadist yang menyatakan bahwa ada dua malaikat yang berdoa setiap subuh di hari Jumat. Satu mendoakan orang yang bersedekah atau berinfaq saat itu, memohon kepada Allah agar menggantikan dan melipat gandakan sedekah atau infaqnya. Sedangkan malaikat yang satu berdoa kepada Allah SWT agar tidak memberkahi harta orang-orang yang tidak bersedekah dan berinfaq.

Semoga kita bisa melaksanakan semua alaman diatas karena Allah SWT, sehingga kita bisa mendapatkan ridha-Nya, mendapatkan pahala sebagai bekal untuk kehidupan kita yang akan datang. 

Namun demikian, dari keistimewaan hari Jumat ini umat Islam dilarang untuk mengkhususkan berpuasa tanpa ikatan niat lain di hari Jumat. Kecuali berpuasa sunnah lainnya, seperti yang disampaikan oleh Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Janganlah mengkhususkan malam Jum’at dengan shalat tertentu dan janganlah mengkhususkan hari Jum’at dengan berpuasa kecuali jika berpapasan dengan puasa yang mesti dikerjakan ketika itu.







Sumber: 
Youtube channel Syekh Ali Jabir


Comments

Popular Posts