Talents Mapping: Ketahui Bakat Anak Melalui Kegiatan Fisik


Membersamai anak-anak dalam berkegiatan olahraga ternyata membantu kita mengetahui banyak tema bakat yang mereka miliki. Karena sarat dengan kegiatan memandu, menyemangati dan mengatur. Pekan ini dengan empat jenis olahraga yang saya lakukan dengan anak-anak yaitu renang, berjalan diatas tembok untuk mengatur keseimbangan, bersepeda dan hopscotch.

Dari berenang, saya melihat tema bakat yang muncul pada anak-anak adalah strategy, analyst, achiever, safe keeping, significance dan tentu communicator. Karena disela-sela keasikan berenang masih aja asik bercerita. 

Setiap pulang sekolah, Sn yang berumur 6 tahun, dia suka berjalan di atas tembok setinggi 50 cm sepanjang sepuluh meter lebar tembok hanya sekitar 30 centimeter. Biasanya dia berjalan bersama dua orang temannya yang seumur dan satu lagi lebih muda dua tahun. 

Berjalan diatas tembok ini melatih keseimbangan, percaya diri, fokus, strategi dan analisa. Sederhana tapi menantang dan mengasikan bagi anak-anak. 

Biasanya kalau sudah bisa menjaga keseimbangan badan, Sn mempercepat jalannya tanpa harus merentangkan kedua tangan. Saat temannya yang lebih muda ikut bergabung, dia tidak berusaha memperlambat kecepatan jalan. Dia melihat ke arah saya dia minta temannya untuk jalan lebih cepat, seakan dia ingin memperlihatkan bahwa dia sudah mahir berjalan disitu, tema bakat significance-nya muncul. Tapi bila dia berada di depan, dia akan memandu temannya dan menyemangati untuk bisa sampai di ujung. 

Saat beraktivitas sepeda di halaman kompleks yang cukup luas terasa aman sebelum jam 17.00. Bila di atas itu biasanya anak-anak yang sudah besar bersepeda ngebut. Dia merasa khawatir dan menghindari untuk bersepeda. Kembali muncul tema bakat Analytical, Strategy, Developer, Achiever. 

Sementara dalam permainan hopscotch yang saya lakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama untuk melatih gerak kedua kaki. Tahap selanjutnya diberi tantangan yang meningkat, dengan menggunakan dua tangan dan dua kaki. Ini tidak kalah seru. Saya menggunakan art paper sebagai ganti menggambar telapak kaki dan tangan di lantai. Karena di Singapura kegiatan seperti ini termasuk vandalism.   

Di sini saya bisa melihat tema bakat yang muncul adalah focus, achiever, strategy, communicator, command, analytical dan significance. Sn ingin merekam bermain hopscocth untuk diperlihatkan di group whatsapp keluarga!

Ini hanya dari empat jenis kegiatan, bagaimana kalau setiap saat kita melakukan olahrga bersama anak baik hanya kita berdua maupun bersama teman-teman seumurannya. Semakin sering muncul tema bakat yang sama, itu akan membantu kita tahu akan potensi kekuatan mereka juga. Kuncinya adalah ketelatenan untuk membersamai mereka. 



Comments

Popular Posts