Gamifikasi: Kontribusi Pada Kota


Kontribusi pada kota

 


Journal Zona 4E Kontribusi pada kota program Bunda Produktif - Institut Ibu Profesional 


Keseruan warga Hexagon City memasuki bulan ketiga ini semakin terasa. HexaMedia menyajikan berita hangat tentang peluncuran beberapa fasilitas kota, seperti HexaMarket, HexaLink dan segera menyusul HexaWeb. 

Produk Projek Passion yang beragam mulai pelayanan, jasa, pelatihan, event dan produk akan dipasarkan di tiga platform tersebut. 

Dimulai pada zona Passion, setiap Co-housing memiliki Projek Passion. Perencanaan, strategi serta goals Projek Passion disiapkan oleh para Hexagonia. Dalam melajukan Projek Passion ini setiap member akan memilih karakter yang ingin dibangun atau dikuatkan.

Di zona karakter, sesuai dengan karakter yang dipilih Hexagonia akan melatih diri. Diskusi secara rutin bersama teman-teman satu Co-housing akan membantu untuk menguatkan pembentukan karakter. Program check-in memudahkan untuk mencari solusi dalam setiap tantangan yang menghadang.

Pada tahap berikutnya adalah melatih karakter pilihan dengan melakukan aktivitas yang dapat melajukan Projek Passion. Baik aktivitas secara individual maupun secara team. Ada hal yang menarik pada zona ini. Yaitu makin menguatkan komunikasi produktif untuk menyingkirkan delays dan blockers yang bisa memperlambat pencapaian milestone yang sudah disepakati bersama. 

Tidak mudah bagi Co-housing Leader untuk mengingatkan delays dan blockers ini. Bila tidak bisa diatasi melalui program check-in, saya menyarankan seluruh member dalam satu Co-housing membuat kesepakatan untuk membuat surat cinta. Tujuannya agar bisa membangunkan blockers atau delays untuk bisa kembali aktif mengambil peran sesuai dengan kemampuannya.

Setelah memiliki daftar aktivitas individu dan group. Hexagonia mengenal metode membentuk habit. Bisa menggunakan outcome-based habits atau indentity-based habits  Pada pekan ini saya betul-betul mendalami tentang habit. Sangat menarik. 

Dari beberapa referensi yang ada, saya memilih buku Atomic Habits karya James Clear. Di sela padanya jadwal tugas di Headquarters, alhamdulillah saya bisa "ngemil baca" dan mengikatnya dalam tulisan di blog sebanyak lima tulisan.

Seluruh aktivitas saya dalam group dan Headquarters mengikuti metode identity-based habits. Sementara untuk Projek Passion saya memilih metode outcome-based habits. Yang terpenting karakter saya dalam menuntaskan Projek Passion tetap berada dalam jalur yang tepat.

Setelah melewati empat zona penting dalam melatih diri untuk menjadi pribadi yang produktif kami masuk dalam pekan Huddle. Di Co-housing saya dan teman-teman melakukan video call. Mengalirkan rasa. Semua member merasa bahagia, selalu terinspirasi dan termotivasi oleh teman-teman satu Co-housing. 

Di pekan Huddle ini, kami juga akan mendapat rapot! Bila di kelas sebelumnya, Bunda Cekatan, kita menilai diri kita sendiri. Untuk kelas Bunda Produktif, karena setiap kegiatan dilakukan bersama team, maka penilaian teman akan berlaku. 

Penilaian betul-betul merata. Semua Hexagonia akan mendapat rapot dari Co-housing Leader. Lalu Co-housing Leader akan mendapat rapot dari Cluster Leader yang akan mendapatkan rapotnya dari Community Management Hexa. Rapot para City Leaders akan diberikan oleh Mardika. 

Empat kategori penilaian yang diberikan oleh Founding Mother adalah Poor, Developing, Good dan Outstanding. Selama ini bagi saya pribadi, rapot bukanlah suatu hal yang penting. Yang utama adalah bagaimana kita menyerap ilmu dan mempraktekannya dalam sehari-hari. Tapi kali ini akan menarik ketika menerima rapot. Karena dengan melakukan aktivitas yang sama saya akan mendapatkan dua rapot sekaligus! Looking forward to receive them.


#HexagonCity

#Hexagonia

#ContributionToNation

#KuliahBundaProduktif

#InstitutIbuProfesional









Comments

Popular Posts