Sistem Umpan Balik: Menetapkan Tujuan dan Memetakan Sumber Daya






Feedback system materi keempat ini, buddy saya mbak Annisa mengangkat problem statement tentang Pengelolaan Sampah. Saya terkesan dengan tindakan yang dilakukan sejak di awal terbentuknya tim, membuat survey kepada member Ibu Profesional dan umum. Dari 104 survey ini mereka punya perbekalan kuat dalam perencanaan dan membuat milestone. 

Menurut hasil yang didapat, ada dua solusi yang diinginkan oleh para responden dalam pengelolaan sampah: 
1. Pengadaan bank sampah
2. Sosialisasi, edukasi dan pelatihan.

Proses awal terlihat semuanya dilakukan teratur dan sudah jelas tujuannya. Saya merasa ada perubahan semangat tim pada pekan ini. Terlihat dari penuangan dalam jurnal. Saat kami berdiskusi membahas jurnal ternyata dugaan saya benar. Mba Anisa menyampaikan adanya tim member yang menginginkan projek ini segera selesai. Ulasan saya lebih lengkapnya dituangkan di sini. 

Anggota tim mbak Annisa ada empat orang, dua merupakan mahasiswa Kampus Ibu Pembaharu, satu Hexagonia dan satu IPer non Hexagonia. Penuangan aktivitas dalam setiap milestone cukup jelas dan mudah mengukur pencapaian. Saya berharap setelah berakhirnya perkuliahan Bunda Salihah, seluruh anggota tim akan tetap melanjutkan programnya bersamaan tidak sendiri-sendiri sehingga akan terasa dampaknya, mengingat masalah yang diangkat merupakan masalah sosial.  Kesempatan untuk berdampak pada lingkungan terdekat. 


__

#sistemumpanbalikmateri4
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia

Comments

Popular Posts