Aliran Rasa #1






Aliran Rasa. Sejak bergabung dengan IIP, jadi sering ketemu istilah ini.  Ungkapan hati atau curhat selama mengikuti materi yang diberikan.  Pertama kali ungkap aliran rasa akhir Desember kemarin setelah berhasil menyelesaikan Program Matrikulasi.  Langsung aja muncul ide memposting buku-buku bacaan milik sendiri yang juga menjadi bagian dari materi kelas online tersebut.  Dengan bergabung di Program Matrikulasi itu serasa membaca kembali semua buku-buku tersebut, tapi lebih seru karena dibarengi diskusi dengan teman-teman.  

Kini, di kelas Bunda Sayang yang akan berlangsung selama 12 bulan, Aliran Rasa diadakan setiap berakhirnya satu materi bahasan.  Materi diberikan setiap Senin minggu ke empat tiap bulannya.  

Di saat fasilitator menyampaikan semua member untuk menuliskan Aliran Rasa, kali ini kok saya pengen lewat blog ya gak mau lewat foto.  Alasannya mungkin aja karena berkenaan dengan materinya Komunikasi Produktif.  

Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan 10 hari tantangan pada 10 hari pertama tanpa jeda sejak hari pertama setelah materi diberikan.  Manfaatnya sangat terasa meskipun masih banyak hal yang harus ditingkatkan.  Alhamdulillah Komunikasi Produktif bersama anak bisa dikatakan berhasil.  Sementara dengan pasangan, tidak bisa dikatakan seproduktif berkomunikasi dengan anak-anak.  Karena jam kerja mas bojo yang panjang bahkan di hari minggu kadang harus bekerja.  Jadi waktu yang tidak cukup banyak itu dioptimalkan sekali. Ini bukan berarti saya tidak memiliki masalah dalam berkomunikasi tentunya.  Tapi bila ditanya positif outcome nya adalah, mas bojo lebih antusias dan lebih banyak menghabiskan waktunya berkomunikasi prosuktif dengan anak-anak.  Hal yang jarang terjadi sebelumnya.  Biasanya dia lebih banyak main gadget bersama anak-anak.  Alhamdulillah, dan ada hal yang mengejutkan pula….. dia secara halus menyampaikan bahwa saya sekarang lebih banyak memegang gadget dibanding sebelumnya. Oh my.....  oh my………

Sambil senyum-senyum manis menghampiri mas bojo, saya bilang akan diusahakan untuk mengurangi pemakaian gadget. Sejak aktif di kuliah online memang pemakaian gadget jadi meningkat. Tapi in syaa Allah bukan shallow activities tentunya.  Penggunaan gadget untuk hal yang positive. It’s about time management now. Yeay….. It won’t be a problem as I could manage it back then. 

Comments

Popular Posts