Gaya Belajar Visual

#Harike-2; #GameLevel4; #TantanganHari10; #MemanduGayaBelajarAnak; #KelasBunSayIIP


Kalau hari pertama saya mengajak Sp menjawab sembilan pertanyaan mendasar yang didapat dari materi#4 ini dan melihat catatan pelajaran dari sekolah yang berupa diagram penuh warna. Semua ini merupakan ciri khas anak yang memiliki gaya belajar visual.

Hari ini saya mengamati Sp latihan untuk mempersiapkan speeling bahasa Inggris dan Mandarin. Sesekali diajak bicara mana cara yang lebih dia sukai untuk lebih mudah bagi dia mengingat kata dan kalimat dalam daftar spelling.

Lebih suka dengan menuliskan semua kata tanpa mengucapkan. Baik bahasa Inggris maupun Mandarin. 


 
Spelling list untuk bahasa Inggris & Mandarin


Dari awal saya mengajarkan Sp, cara mudah mengingat kosa kata baru dalam bahasa Asing adalah sering latihan menulis. Di waktu yang sama kita juga mengucapkan kata tersebut. Jadi satu aksi kita menulis membaca dan mengucapkan.
Bila satu kata ditulis tiga kali, maka diwaktu yang sama kita mengucapkan juga melihat kata tersebut selama tiga kali. Ini memang gaya belajar saya. Yang ternyata memang visual sedikit Auditori.

Sementara Sp lebih suka dengan caranya sendiri, cukup menuliskan kosa kata baru dengan artinya berkali-kali. Mulutnya tidak mengucapkan apa-apa. Ini lebih ke visual.  

Di hari pertama Gaya Belajar Sp ada kecenderungan kombinasi antara visual dan kinestetik. Di hari kedua hanya visual. Mungkin ke depannya saya harus mencoba menggunakan alat peraga juga kegiatan lebih aktif disaat menambah kosa kata baru. Sehingga bisa lebih mudah mengetahui gaya belajar yang tepat.



Comments

Popular Posts