Kebersamaan Membersamai

#Harike12; #GameLevel4; #MemanduGayaBelajarAnak; #BukdaSayang; #IIP


Hari ini neng Sp kembali ikut membersamai aktifitas yang sudah saya rencanakan untuk tingkat persepsi VAK. Bagi saya keterlibatan Sp selain memperlihatkan rasa pedulinya dia sebagai kakak terhadap adik. Juga baik bagi dirinya untuk melatih kesabaran dan mengasah tingkat persepsi Visual, Auditori dan Kinestetiknya. 

Meskipun dalam teori Sensori Integrasi pengelompokkan umur anak berakhir di usia 7 tahun. Tapi saya berpendapat anak berusia10 tahun pun kondisinya belumlah stabil. Maka mereka masih butuh pelatihan lagi atau pengalaman sebanyak-banyaknya sehingga mereka puas bereksplorasi. 

Kemarin disaat Sn menyusun lego, aktifitasnya terhenti saat mendengar
 acara favoritnya sedang tayang di tv. "Aktifitas terganggu" saat mendengar suara. Satu dari ciri-ciri anak auditori.
Semoga aktifitas hari ini bisa lebih menstimulus.


Harapan saya, dengan sukarela menawarkan diri membersamai adiknya dalam aktifitas ini. Sp bisa bereksplorasi lebih jauh dan meningkatkan intellectual curiosity*-nya sehingga memudahkan dia untuk menemukan moment aha!**-nya. 

Kembali pada aktifitas membersamai Sn. Aktifitas untuk hari ini adalah menyanyikan nursery rhymes. Berhubungan dengan Auditori. Sp memutar video mother goose club. Mereka berdua bernyanyi sambil bergerak mengikuti gerakan karakter-karakter mother goose club.

Kemarin disaat Sn menyusun lego, aktifitasnya terhenti saat mendengar acara favoritnya sedang tayang di tv. "Aktifitas terganggu" saat mendengar suara. Satu dari ciri-ciri anak auditori.
Semoga aktifitas hari ini bisa lebih menstimulus. Apalagi akhir-akhir ini Sn juga sering bernyanyi kalau sedang bermain sendiri. 

 
Mengenalkan objek lembut dan keras, besar dan kecil


Nggak lama bernyanyi & menari, Sn ngajak Sp bermain puzzle yang memang terserak di meja dekat mereka bermain. Sambil bergantian menyusun puzzle mereka juga menyanyikan lagu anak-anak. Selama aktifitas ini nerlangsung Sn tetap komsentrasi menyusun puzzle sambil bernyanyi mesipun saya menyalakan TV dengan volume yang tidak rendah.

Sebelum Sp merasa bosan dengan dua aktifitas membersamai tersebut. Saya mengganti permainan dengan memberi Sn beberapa boneka kecil. Juga kubus yang berbeda ukuran.

Selain mengenalkan ukuran besar dan kecil, Sn juga belajar membedakan benda halus dan keras. Sebelum saya mengenalkan besar, kecil, halus dan keras. Sn sudah langsung teriak mengebutkan warna-warna boneka dan kubus yang saya berikan. 

Alhamdulillah aktifitas hari ini lengkap menstimulus VAK.

Catatan:
*intellectual curiosity : rasa ingin tahu
**moment aha! adalah ketika anak sudah mencapai intellectual curiosity maka dia akan sampai pada ide apa yang harus dia lakukan dengan penuh semangat.

Tulisan kemandiran anak dan moment aha! bisa disimak dalam tulisan saya saya buat bersama si sulung Sp berikut ini:




Comments

Popular Posts