Mulai Ketagihan

 
Masuk hari kelima, saya mengenalkan buku cerita baru sama si bungsu Sn. Cara 'bermainya' sedikit berbeda kali ini. Karena buku yang dikenalkan lebih banyak tulisannya, tapi tetap dengan gambar-gambar yang penuh warna.

Biasanya saya mengenalkan semua detail gambar pada buku. Mulai dari gambar apa, menghitung dan menyebutkan warna-warna pada gambar. Selain menceritakan gambar saya juga bertanya tentang segala halntentang si gambar. Jadi ada komunikasi dua arah. Komunikasi Produktif.

Tadi siang, saya mencoba membacakan cerita. Masih dengan intonasi dan mimik yang dibuat lucu agar Sn tetap tertarik.
Ternyata setelah satu halaman, Sn sudah gak sabar untuk membuka halaman berikutnya. Meskipun saya sampaikan cerita halaman ini belum selesai.
Padahal satu halaman itu hanya setengah halaman textnya, setengahnya lagi berupa gambar yang penuh warna.

Sesuai dengan usia belianya, memang belum anteng untuk mendengarkan cerita lama. Dia lebih tertarik dengan metode lama yang saya pakai, berinteraksi aktif, bahas gambar.

Tapi sore tadi ketika saya sedang bersiap di dapur, dia menghampir sambil bawa buku bilang. "Came on mommy, sit down. Read book." 
Setelah 'baca dan bahas' gambar di buku, ternyata gak cukup satuncerita. Apalagi buku yang dia bawa merupakan kumpulan beberapa cerita. Alhamdulillah rasa senang dengan buku sudah muncul lebih kuat.

Sementara untuk si sulung, Sp. Dua hari ini dia selalu memilih bab yang berisikan cerita pendek. Karena bisa membuat dia lebihbmudah untuk menceritakan kembali apa yang sudah dia baca. 

Saya sampaikan, tidak masalah memilih bab yang ceritanya pendek. Yang penting disaat bercerita harus menggunakan susunan kalimat yang benar. Soal lupa nama tempat, karena menggunakan bahasa asing (Perancis & Jerman), juga tidak masalah yang penting bisa dijabarkan tempat dan suasananya.

 



#HariKe-5
#GameLevel5
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst
#BundaSayang
#IIP

Comments

Popular Posts