Fun Math





Sering kita dengar orang nggak suka pelajaran matematika dengan berbagai alasan. Salah satu alasan karena soal-soal di buku matematika tidak berhubungan dengan problem kehidupan nyata. 
Sebenarnya belajar matematika mendatangkan banyak manfaat dan keuntungan. Demikian menurut Rudi S yang ditulis dalam website Edu Centre tentang Lima Manfaat Belajar Matematika Untuk Masa Depan, sebagai berikut: 
  1. Pola Pikir yang Sistematis
  2. Pola Berpikir Lebih Berkembang
  3. Terlatih Berhitung
  4. Mampu Menarik Kesimpulan Secara Deduktif
  5. Menjadi Teliti, Cermat dan Sabar

Dilihat dari lima manfaat diatas, tidak heran kalau kita sering mendengar orang yang bagus dalam matematika akan lebih cerah masa depannya. Tentu dalam hal ini bukan sekedar nilai matematika yang bagus ya yang dimaksud, tapi juga dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata erat hubungannya dengan efisien, disiplin dan tanggungjawab.

Hari kedua dalam game level 6 ini, kegiatan di rumah yang dilakukan berlokasi di dapur. Sp dengan temannya membuat slime dengan menggunakan bahan yang berbeda dari sebelumnya.

Saya ingatkan dia dari awal untuk melakukan proyek ini dengan teratur. Sebelum menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan, catat apa apa yang harus dilakukan step by step.
Tidak langsung dikerjakan karena saking semangatnya. Sehingga tertunda-tunda proses bikinnya karena perlu ini atau itu yang belum disiapkan sebelumnya. Berpikir positif juga penting, fokus sama langkah-langkah yang harus dilakukan. Bisa jadi proyek-proyek sebelumnya gagal karena adanya ketidaksiapan.

Setelah perlengkapan siap, Sp menyebutkan takaran bahan yang diperlukan.
Saya ingatkan, itu porsinya cukup besar bagaimana kalau buat setengah porsi dadi takaran itu, toh porsi tersebut tetap cukup banyak untuk dibagi dua nanti,

Dia menjawab sigap, "Itu juga yang kami berdua diskusikan, mom. Boleh saya pakai measurement cupnya?

"Bagaimana dengan durasi waktu penggunaan microwave?"

"Kita tetap ikutin yang ada."

"Yakin? kan porsinya lebih sedikit."

"Nggak apa, kita tetap ikutin 30 detik pertama, aduk rata. Dan panaskan lagi 30 detik."

"Go ahead then."

Wow! Saya lihat kesungguhan dan keseriusan dari muka mereka berdua selama tanya jawab diatas itu.

Beberapa saat terdengar suara serta decakan senang dari dapur. Sesaat kemudian mereka pamer slime berwana pink dengan aroma strawberi dan vanila. 

"Dont worry, we will clean the kitchen." Sp langsung bilang begitu di saat saya mau pergi ke dapur. Ah! Beneran. Saya hanya ingatkan untuk mempersiapkan alat dan bahan juga langkah-langkah dalam peoyek itu. Ternyata ada bonusnya, setelah proyek selesai mereka bertanggungjawab membersihkan kotoran yang dibuat selama proyek berlagsung.

Ternyata bilankita sebagai orangtua bisa memberikan paduan dengan baik dan memberi ruang waktu yang cukup kepada anak-anak. Hasilnya pun sangat positif. The power of Productive Communication. 


#Tantangan10hari

#Level6

#Day2

#KuliahBunSayIIP

#ILoveMath

#MathAroundUs


Comments

Popular Posts