Polesan Interpersonal





Buku edisi tebal memang cocok untuk batita. Berkali-kali dibaca, dibolak balik gak terhitungpun tetap awet. Saya sengaja pinjam buku dari perpustakaan ini dengan perpanjangan waktu pinjaman. Jadi Sn bisa puas bolak balik 'baca' dan ngocehnya.
dari lima buku yang dipinjam ada dua buku yang menjadi favorit. Dua-duanya berupa pull the tab atau fold out surprise setiap halaman.

Salah satunya edisi 'a touch and feel book'. Setiap halaman ada bagian dari buku itu untuk disentuh   dan berbeda dibangian bagian lainnya. Di satu halaman ada yang sangat kasar, di halaman lain lembut seperti beludru. 

Aktifitas membersamai ini selain mengenalkan kosa kata dan abjad, juga untuk memupuk suka buku, suka membaca. Tidak jarang Sn minta saya duduk untuk membacakan buku. Bahkan dia yang bilang untuk bergiliran cerita sambil buka-buka buku.

Untuk obrolan bersama Sp, kali ini tentang perayaan teacher's day di sekolah. Sebagai bagian dari anggota paduan suara, Sp menyanyikan tiga lagu. Saya tanya perasaan dan kesannya. Dia senang, cerita beberapa performance teman-temannya dari kelas lain. Termasuk ada satu anak dari kelas 6 yang perform sendiri bermain gitar. Di akhir lagu dia dapat sambutan tepuk tangan yang riuh dan lama. 

Saya tanya pendapatnya tentang peran guru. "Kita harus menghormati guru, mengapresiasi guru, tulus dari hati kita langsung. Karena guru telah membuat kita menjadi anak yang berpengetahuan. Dan hebatnya, mami, guru-guru itu tidak mau menerima hadiah dari murid-murid di Hari Guru ini. Keren ya mami."

"Ya, banyak orang ingin memberi bingkisan sebagai tanda terim kasih. Itu tidak salah. Tapi banyak juga guru yang merasa sudah kewajiban dan tugas mereka untuk mengajar para murid. Bingkisan atau hadiah bisa menyalah artikan atau menuntun ke urusan ketidakadilanndi masa mendatang. Untuk menghindari hal itu, sebagian dari mereka tidak mau menerima bingkisan." Begitu sayanmenambahkan. "Tahu kah kamu, mami dan dan daddy juga selain orangtuamu, kami juga guru bagi kamu dan adikmu. Jadi fair kan kalau kita juga dihormati seperti kamu menghormati guru di sekolah?"

Respon Sp sambil menggoda dengan menaikkan kedua alisnya, bilang "Mami..... you even give me money and cook for me, of course I respect you more." Aaaah sulungku ternyata sudah terpoles ranah interpersonalnya❤️



#Harike-14
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts