Hobi Membaca

 

Bermain bersama dan menunggu giliran kegiatan yang tidak mudah dilakukan dengan anak  usia tiga tahun. Melatih mengendalikan diri dengan menyingkirkan ego untuk berbagi dan memberi kesempatan kepada orang lain. Kegiatan yang berhubungan dengan dua ranah sekaligus yaitu interpersonal dan intrapersonal.

Sore ini saya bersama Sn bermain congklak. Awalnya Sn menemukan butiran manik berukuran kecil di kotak manik-manik dia yang ukurannya jauh lebih besar. 

Sambil memperlihatkan butiran manik kecil Sn bertanya, "Mami, ini apa?"
"Bead." 
"Bead buat apa?"
"Main congklak"
"Aku pengen main congklak."
"Lihat." Sambil memegang papan congklak saya bilang, "Ini congklak. Punya kaka Sp. Tapi kita boleh main congklak karena kaka Sp memperbolehkan kita pinjam." Sambil mengangguk Sn bilang "Ok, we share." 

Saya sengaja menekankan kata pinjam dengan menggunakan kata Share. Karena selama ini Sn agak susah untuk share mainan. Terus terang saya tersenyum sendiri, saat ngeliat rasa senang yang terpancar di mata Sn. Juga durasi waktu hampir satu jam masih betah main bead di papan congklak. Saya sempat pasif tapi masih mengawasai Sn main. Saya senyuk sendiri karena ingat akan tugas materi level 7 ini harus mendapatkan momen mata anak yg berbinar ketika melakukan satu kegiatan. Karena saat itu si anak menikmati kegiatan tersebut (enjoy) maka harus diasah kemampuan si anak pada kegiatan tersebut. Bagi saya terasa sulit, karena begitu banyak kegiatan yang membuat Sn senang. 

Sementara untuk Sp, sepulang sekolah setelah selesai makan shalat dan mengerjakan PR, langsung baca tentang sejarah nabi Muhammad SAW. Karena memang dia suka membaca. Saya ingatkan ujian akhir semester akan segera tiba, saya ingin Sp membuat target untuk diri sendiri. Kemudian langkah-langkah apa yang harus diambil. 
"Yes mami," jawab singkat sambil masih asik membaca. Bahkan saat itu dia sambil gendong Sn seakan-akan sedang membacakan sejarah Rasulullah untuk Sn. Pantesan dipilih jadi Reading Ambassador. Sp memang senang membaca, senang menulis dan senang menggambar. Tapi membaca tidak pernah surut seperti dua kegiatan lain yang dia sukai. Sepertinya kalau saya dukung dua kegiatan itu, menulis/blogging dan menggambar, mungkin saja akan membuat dia penuh semangat karena dapat moment enjoy setiap melakukan dua kegiatan tersebut.


#Harike-5
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts