Mencari Langkah Mudah


Tidak banyak kegiatan yang berarti untuk hari ini untuk Sp.  Karena ada kegiatan extra fisik di sekolah, sampai rumah jam 17.30.  "Mami, aku lapar banget, makan malam udah siap? Aku makan sekarang ya gak usah nunggu makan bareng?" Mukanya kelihatan cape sekali. Setelah istirahat sejenak, shalat maghrib dia langsung ngaji. Belum masuk waktu isya dia sudah terlelap di sofa dengan buku ditangan!

Untuk Sn, masih berhubungan dengan ranah intrapersonal dan interpersonal.  Tadi pagi saya pergi ke klinik karena saya perlu ke radiologi.  Klinik cukup penuh saat saya sampai sana dan menunggu giliran dipanggil dokter.  Teman saya yang janji mau bantu menjaga Sn juga sudah datang.  Mengenalkannya pada  Sn karena memang jarang bertemu.  Sn bisa langsung akrab.  Saya sengaja duduk disamping teman saya, sementara Sn duduk di kursi barisan yang berbeda dan menghadap dan bersampingan dengan orang lain.  Saya amati dia, terlihat asik dengan mainan yang dibawa dari rumah.  Sesekali turun dari kursi dengan suara kencang sambil memperlihatkan maianannya bicara pada saya.  Saya mengisaratkan untuk tidak berisik. Bicara pelan. Dia mengikuti mimik saya dan setengah tersenyum mengulangi apa yang dia katakan.  Beberapa saat dia bicara dengan suara kencang lagi, sebelum saya mengisaratkan untuk tidak berisik dia udah menurunkan suaranya sambil bertingkah lucu mengulang apa yang dia katakan.  Ternyata dia mengerti dan malah ngajak bercanda.  Saat dua nomor lagi giliran saya masuk ruangan konsultasi dokter, saya bilang sama Sn.  "Nanti mami mau ketemu dokter, Sn nunggu disini ya sama tante. Ini mami kasih makanan kesukaan Sn.Kalau mau lagi, minta sama tante ada di tas mami." Tanpa merengek dia nganggukkan kepala. Semuanya lancar.  Saat saya kembali ke ruang tunggu, Sn sama sekali tidak rewel.  Alhamdulillah. Interpersonal dan intrapersonal Sn untuk seusianya cukup kuat.

Bila ditanya kegiatan apa yang membuat Sn bahagia atau membuatnya berbinar-binar. Terus terang saya tidak bisa menjawab. Saya merasa semua kegiatan dia suka. Menggambar, menulis, bermain puzzle, masak-masakan.  PR saya masih panjang bersama Sn.

 Melakukan tantangan level 7 selama seminggu ini saya bisa menyimpulkan sementara untuk kegiatan yang membuat Sp berbinar atau selalu semangat selain membaca adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan craft (enggambar orang dan shopkins, menyanyi, bermain alat musik  dan membuat slime).  Kegiatan ini seringkali menelantarkan tugas dia sebagai anak sekolah yang harus melakukan review pelajaran di luar jam sekolah, yang hanya berdurasi satu jam setiap hari. Sengaja saya tidak mengingatkan Sp tiap hari meskipun tahu dia tidak melakukan review yang merupakan tugas dia di rumah. Kalau setiap hari harus diingatkan berarti dia tidak akan menjadi dewasa. Masih ada baiknya dia tidak pernah lupa kalau ada PR dari sekolah.

Setelah membiarkan  hal ini terjadi lebih dari  dua minggu, dua hari yang lalu saya duduk dan ajak dia bicara tentang keteledoran ini.  Memperlihatkan buku latihan yang sudah kita sepakati sebelumnya untuk dikerjakan minimum seminggu tiga kali kosong melompong.  Saya perlu jawaban, kenapa begitu? Saya mengingatkan mengerjakan hobi itu baik tapi melupakan kewajiban juga salah.  Diskusi ini berbuah mind mapping achievement end of year, yang dibuat sendiri oleh Sp.  Saya hanya mengingatkan beberapa aktivitas extra selama liburan di term 3 yang akan segera datang ini.

Jadi, di level 7 ini ketika membaca lagi tulisan Abah Rama Rohaya tentang 4E yaitu Enjoy, Easy, Excellent, Earn.  Saya mengerti lebih dalam makna yang dimaksud. Kita sebagai orangtua wajib mengeksplore dan menggali potensi anak.  Dan ini tidak bisa dilakukan instant.  Demikian juga untuk mempraktekkan 4E. Untuk anak seusia Sp mungkin bisa lebih mudah karena dengan digencar terus dengan satu bidang, kita bisa melihat apakah dia akan terus merasa tertarik atau malah bosan.  Disitu kita bisa ganti kegiatan. Dimulai dengan Easy. Membantu anak untuk mengerti  satu hal hingga menjadi mudah bagi dia.



#Harike-8
#Tantangan10hari
#Level7
#KuliahBunsayIIP
#BintangKeluarga

Comments

Popular Posts