Resep Gudeg

Gudeg nangka salah satu masakan kesukaan. Karena kebiasaan mama dulu masak gudegnya berkuah, jadi sampai sekarangpun saya lebih suka gudeg yang berkuah. Bedanya dulu mama nggak mau pakai jati saat masak gudeg, jadi warna nangka dan kuah pun putih. 





Kini, dengan sedikit modifikasi ringan, saya bisa membuat gudeg nangka berkuah dengan warna kecoklatan. Berikut resep gudeg nangka saya selengkapnya:

Bahan:
  • Nangka 200 gram, potong sesuai selera. Saya biasanya suka sedikit lebih besar dari potongan tahu
  • Teh celup merah/hitam 
  • Telur rebus
  • Tahu potong dadu seukuran dua ruas jari
  • Tempe potong dadu seukuran tahu (option)
  • Sayap ayam (option)

Bumbu:
  • Daun salam 6 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Lengkuas geprek
  • Gula merah sesuai selera
  • Garam secukupnya

Bumbu dihaluskan
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 6 siung
  • Kemiri 4 butir
  • Ketumbar 1.5 sendok makan

Cara membuat:
1. Didihkan air dalam panci, masukkan dua- tiga teh celup dan irisan nangka. Sesekali aduk. Matikan api setelah nangka terlihat memerah/kecoklatan. Tidak perlu menunggu nangka empuk. Angkat dan tiriskan nangka.

2. Susun dalam panci, atau klepot. Semua bumbu termasuk Bumbu halus. Kemudian sayap ayam, tahu, tempe, telur. 

3. Tambahkan air sampai menutupi tahu, tempe dan telur. Biarkan mendidih sambil bumbu meresap diatas api kecil. Sesekali diaduk agar tidak gosong. Selama 30menit. Bila air sudah berkurang dan ingin gudeg berkuah tambahkan air,  gula dan garam sesuai selera.

4. Masukkan nangka. Aduk perlahan.

4. Setelah semuanya empuk dan rasa sesuai dengan selera. Masukkan santan kental. Aduk-aduk hingga merata. Angkat setelah mendidih. Gudeg lengkap siap dihidangkan.

Saya biasa masak di slow cooker. Dari langkah ke dua. Kemudian saya set pengaturan slow cooker pada auto atau high tergantung kapan saya akan menyajikan gudeg.



Comments

Popular Posts