Cerita tentang Lampu dan Matahari




Dan diatas setiap orang yang berpengetahuan ada yang lebih mengetahui. 
QS Yusuf:76



Cerita hari ini memberi pelajaran moral bahwa diatas langit masih ada langit. Terinspirasi dari dongeng/fabel favorit di dunia. The Lamp and the Sun.





Diceritakan ketika suatu malam yang gelap gulita seorang laki-laki menyalakan lampu hingga sinarnya yang terang benderang menerangi ruangan. Si lampu pun senang dan bangga.

Karena rasa senang dan bangganya itu tanpa terasa dia menyombongkan diri, “Aku lebih kuat sepuluh kali lipat dibanding matahari, sinarku lebih dibutuhkan oleh manusia.”

Tiba-tiba angin berhembus, dan mematikan lampu tersebut. Lelaki pemilik rumah yang mendengar sahutan sombong si lampu, menghampiri dan menyalakan kembali lampu tersebut sambil menghardik. “Jangan sombong dengan kelebihanmu, lihat tuh bingang di langit, cahayanya kecil tapi dia tidak perlu dinyalakan seperti kamu!”

Cerita sederhana, tapi sangat mendalam moral storynya. Buat si sulung lebih mudah mencerna moral story tapi buat si bungsu saya lebih banyak menerjemahkan cerita ini. Justru disaat ini si sulung ikut berperan aktif menerjemahkan ke dalam cerita yang sederhana dan secara tidak langsung moral strory makin meresap dipahaminya. Alhamdulillah juga bisa mengenalkan satu ayat Al Quran yaitu surat Yusuf ayat 76, Bahwa di atas seseorang yang berpengetahuan ada yang lebih mengetahui.



#Harike10
#Tantangan10hari
#GrabYourImagination
#BundaSayang
#IIP



The Light and the Sun, Arowana Publication, Kuala Lumpur Malaysia.






Comments

Popular Posts