Manfaat Teh Chamomile

Awalnya saya mengenal teh Chamomile sebagai salah satu teh yang masuk dalam kategory Home Remedy.  Hampir tujuh tahun ini saya membiasakan diri mengkonsumsi teh.  Tentu tanpa gula. Seringnya teh hijau, pu'er cha dan chamomile.  

image freepik

Dari ketiga teh yang memiliki manfaat baik pada tubuh, saya paling sering mengkonsumsi teh hijau dan chamomile. Pu'er cha yang terkenal sebagai teh terbaik di Cina daratan agak sedikit tersingkir oleh teh hijau, karena selain untuk minum saya biasa menggunakan teh celup hijau yang sudah saya gunakan untuk mengkompres kelopak mata agar menghilangkan lingkaran hitam.  Area dari bagian wajah saya yang paling sensitif. 

Sementara pu'er cha yang memang kemasannya bukan berupa teh culup agak susah untuk mengkompres kelopak mata.  Jadi si teh hijau celup ini bukan saja dinikmati sebagai minuman tapi juga hal lain.

Sebelumnya saya membaca dari beberapa artikel tentang benefit teh Chamomile bagus untuk mengobati rasa pusing, migrain ringan, insomia serta gangguan ringan pada perut dan pencernaan.  Saya mencoba untuk rutin meminum teh chamomile terutama saat merasakan mual atau sakit kepala, juga selama haid.

Tahun ini memasuki tahun ke empat saya bisa lepas dari obat maag juga obat sakit kepala.  Semua bisa diatasi oleh beberapa gelas teh chamomile hangat.  Hasilnya tentu tidak seperti obat yang langsung terasa. Tapi beberapa jam kemudian. Lebih baik lagi bila dikonsumsi secara rutin sebagai pencegahan.

Saya pernah merasakan perut tidak nyaman karena tanda disadari memakan makanan yang mengandung sari nanas.  Rasa mual dan sakit ke ulu hati menyerang seperti biasanya.  Saya menyeduh teh chamomile dan meminumnya saat masih hangat.  Rasa mual dan sakit di ulu hati berangsur menghilang dan sekitar empat jam kemudian saya merasa nyaman kembali.  Empat jam! Waktu yang sama kalau saya meminum obat maag dengan dosis dua tablet sekaligus.  

Dan teh Chamomile lebih aman tentunya dibandingkan obat.  Sejak itu saya makin mantap dengan mengkonsumsi teh Chamomile.  Setiap bepergian saya selalu membawa beberapa sachet teh Chamomile.

Karena sudah bertahun-tahun mengkonsumi, saya bisa membedakan beberapa brand  chamomile. Baik yang pure chamomile maupun yang dicampur madu juga vanila. Dari mulai yang ringan hingga yang kaya rasa. Selera selalu kembali ke yang asli, original.  

Dengan menyebutkan bertahun-tahun mengkonsumsi teh Chamomile, bukan berarti saya menjadi ketergantungan.  Sedikitnya seminggu sekali saya menikmati teh Chamomile.  Saya tidak suka teh pekat, selain bukan manfaat yang saya dapatkan teh pekat malah memberikan reaksi negatif pada tubuhl.  Karena teh pekat itu akan terasa pahit dan ini tidak baik untuk pencernaan. 

Informasi ini saya dapat dari curator museum teh di kota Kunming - China. Sekitar tahun 2004 saya dan suami dan beberapa teman berkesempatan pergi ke Kunming bermain golf. Saat itu kami empat pasangan suami-istri yang menikmati hari-hari awal pernikahan sebelum mendapat momongan. Mengapa memilih Kunming? selain karena golf course club nya milik Singapura jadi promosinya memang kuat, lalu kota Kunming juga dikenal sebagai kota bermusim semi yang abadi. Tapi dalam sehari cuaca bisa juga "berganti musim." Pernah kami harus merubah jadwal karena kabut terlalu tebal, dalam jarak 3 meter tidak bisa melihat. 

Kembali tentang teh Chamomile, hari ini saya browsing tentang teh itu, mata terpaku dengan satu tautan tentang tiga belas manfaat dari teh chamomile.  Tiga belas? Banyak sekali. Rasa penasaran membuat saya mengklik tautan tersebut dan ...... Oh my God!

Chamomile adalah herbal cantik. Sejenis bunga aster berwarna putih dan kuning, dikenal sebagai terapi herbal sejak berabad-abad lalu. Kata Chamomile berasal dari bahasa Yunani yaitu “khamai” yang berarti diatas tanah dan “melon” yang berarti apel. Bunga yang termasuk dalam tumbuhan perdu ini wanginya seperti apel. 
Lantas apa itu teh chamomile? Menyeduh bunga chamomile dengan air panas, dan biasa digunakan sebagai home remedy untuk melegakan inflamasi pada organ dalam perut serta terbebas dari insomia.
Dalam kesehatan teh Chamomile juga memiliki banyak manfaat. Ekstrak bunga chamomile bisa dioleskan pada kulit memar atau luka. Bisa digunakan juga sebagai obat kumur-kumur dan kesehatan rambut.
Perawatan kulit, Meningkatkan sistem imun, menghilangkan rasa tidak nyaman atau sakit selama menstruasi, terhindar dari stress, Menyenyakan tidur, Mengatasi penyakit diatebes, Mengatasi sakit perut ringan seperti mual, sakit ulu hati, mengobati alergi.
__

sumber organicfact.com 10Best Benefits of Chamomile Tea. January 2018

Comments

Popular Posts