Bersama, Menjadi Lebih Baik

Setelah menemukan potensi kekuatan pada minggu lalu. Pada materi kedua ini, giliran mengisi telur-telur merah dengan kegiatan atau keterampilan yang mampu menunjang lima kegiatan dalam telur hijau.

Lima potensi kekuatan diri saya lebih banyak merupakan soft skill. Hal ini memudahkan untuk mendata keterampilan atau kegiatan apa saja sebagai pendukung.


Learning & Thinking, Sharing & Caring serta Informing dan Telling merupakan soft skill dalam yang dibutuhkan dalam mengimplementasikan kegiatan dalam family bonding dan minimal living, sebagai berikut:






Pada kuadran diatas, saya mengisi dua kolom penting dan mendesak serta penting dan tidak mendesak dengan kegiatan yang menunjang implementasi salah satu aktivitas dalam family bonding, yaitu membersamai anak-anak.


Sementara untuk kegiatan yang menunjang Minimal Living saya memasukan ke dalam kolom tidak penting dan mendesak. Karena tinggal merubah sedikit jadwal dan daftar menu yang ada saat ini.

Sebelum bergabung dalam kelas Bunda Cekatan, saya memiliki resolusi 2020. Yaitu membersamai si sulung lebih dekat dan dalam. Mengingat dia memasuki aqil baligh. Saya ingin mengenalkan tentang:

1. Ilmu agama, terutama berhubungan dengan ketauhidan. Bukan sekedar rajin mengerjakan ritual ibadah wajib. Harapannya agar anak tumbuh menjadi pribadi yang tegar dan tawadhu. Rencana panjang saya membuat ebook menerapkan Rukun Iman dalam keseharian.


2. Life skill. Mengeksplorasi diri untuk mengetahui bakat dan minat. Meningkatkan rasa peduli dan berbagi. Bisa dimulai dengan menjadi asisten saya dalam membimbing si bungsu yang berumur tujuh tahun lebih muda. Ini merupakan tindak lanjut dari hasil test kepribadian dan bakat yang saya lakukan beberapa bulan yang lalu. Hasil yang menonjol ada di kolom komunikasi dan melayani.


Dalam mengimplementasikan resolusi 2020 yang saya jelaskan diatas, saya perlu banyak melatih diri dalam mengelola waktu dan mengatur skala prioritas. Agar bisa memiliki waktu cukup untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan tentang parenting dan ilmu agama.


Tidak ketinggalan melatih kesabaran mengingat usia anak yang cukup jauh. Si sulung yang memasuki masa remaja, masa yang meletup-letup penuh semangat ingin mencoba. Sementara si bungsu masih usia preschool. Suka bertanya kenapa begini? Kenapa begitu?


Bismillah, semoga resolusi 2020 bisa dilaksanakan dengan baik. Dilakukan bersama anak-anak penuh kebahagiaan.  In syaa Allah menuju pribadi yang lebih baik.

#janganlupabahagia
#journalmingguke2
#materi2
#kelastelurtelur
#bundacekatan1
#institutibuprofesional





Comments

Popular Posts