Mentadabburi QS Al-Alaq:1

Masuk bulan ke sembilan mengikuti program Tadabbur Hidayah Qur'an secara online di UBN Digital Academy akan memasuki sesi ketiga. Dalam periode tertentu saya akan membuat e-poster. Tujuannya membuat e-poster ini bukan sekedar pengikat makna, tapi juga berbagi dengan teman-teman dan keluarga baik melalui media sosial maupun di group whatsapp. Kontennya berupa satu ayat lengkap dengan terjemahan dan tadabburnya. 

Tahun ini berkenaan dengan berakhirnya sesi kedua, selain membuat eposter, saya juga ingin menuliskan dalam blog tentang ayat-ayat pilihan. 

Saya memilih QS Al Alaq:1  yang merupakan firman pertama Allah yang diturunkan melalui Malaikat Jibril kepada nabi Muhammad SAW. "Iqra'" yang memiliki arti "bacalah". 

Menurut Rektor Perguran Tinggi Ilmu Quran, bapak Nasaruddin Umar, Allah menyebutkan kata Iqra' secara berulang kali dalam Surah Al-Iqra' tersebut. Ada empat makna yang terkandung di dalamnya yaitu:

1. Membaca
2. Mendalami
3. Menghayati 
4. Menyingkap tabir-tabir di dalam Al Quran. 

Semuanya saling melengkapi, bukan sekedar membaca Al Quran hingga selesai 30 juz, hatam.

Mentadabburi ayat ini bersama tim dibawah bimbingan Ustad Bachtiar. Turunnya surah pertama ini merupakan peristiwa terbesar yang menandai awal perjalanan sejarah dakwah Islam. Yang kelak membangun peradaban Islam yang tinggi mengungguli seluruh peradaban lainnya. Pengarahan pertama Allah kepada beliau, membaca, dan menyebut nama Allah.  Membaca dan merenungkan makna-makna ayat qauliyah dan kauniyah yang dilandasi dengan tauhid. Sifat pertama yang Allah kenalkan kepada nabi-Nya adalah Al-Khaliq (Sang Pencipta).  Agar manusia menyadari hakikat dirinya dan hakikat alam semesta, sebagai makhluk Allah SWT.

Peradaban besar dimulai dari pendidikan. Tapi tak sekedar pendidikan, melainkan  yang mengacu pada tauhid. 

Memahami dua penjelasan di atas, kita kembali diingatkan akan tujuan kita di dunia ini, beribadah. Menjadi khalifah di dunia. 





Sumber:
Hidayah Tadabbur Quran, UBN Digital Academy
Empat Makna Iqra' dalam Al Quran. Republika.

Comments

Popular Posts