Tema Watak Duo S




Dalam mengenali tema watak pada anak, hari ini Sophie dan Sienna mengenalkan diri sendiri secara Live di Facebook Group Online Talent for Children. Saya melakukan latihan dengan Sienna beberapa hari sebelumnya, sementara dengan Sophie hanya berupa briefing beberapa jam sebelum acara di mulai. Selain mengenalkan diri, hobi serta aktivitas rutin, saya mengenalkan filter yang tersedia di FB Live. 

Saya sampaikan kepada Sophie untuk santai agar lebih natural. Tidak perlu khawatir lupa mau membicarakan apa, karena saya akan mendampinginya. Jadi nanti acaranya akan seperti dalam talk show begitu, dia sebagai narasumber. 

Posisi saya selain mendampingi juga harus mengobservasi untuk mengenali tema bakat anak-anak selama mengenalkan diri. Selama ini saya tahu kalau mereka berdua suka banget bicara. Sepertinya lebih dari 20.000 kata perhari. Jadi sepintas bisa dikatakan dalam mengenalkan diri mereka harusnya tidak mengalami kesulitan ya. Tapi nanti dulu... ini forum online, dalam satu layar hanya muka dia yang muncul. Lalu yang menonton adalah para bunda dan mungkin ayah serta anak-anak yang sama sekali tidak mereka kenal. Pasti dong ada rasa gugup hehehe.


Tema Bakat Sophie

Saat mengenalkan diri, Sophie menyampaikan kegiatan di sekolah. Dia menyampaikan semua mata pelajaran yang dipelajari di Secondary 1. Lalu menyebutkan mata pelajaran yang dia sukai. Dia suka membaca buku terutama genre Romance & Mystery. Menurutnya lebih asik baca genre itu karena memiliki beberapa plot jadi tidak jenuh. Dia juga menyampaikan saat ini dia memiliki hobi berubah-rubah karena mengikuti rasa ingin tahunya. Setelah beberapa saat nanti akan kembali lagi ke hobi yang lama. 

Dan ini memang betul terjadi. Awal-awal masuk SD, dia ikut les piano. Lalu setelah dua tahun berhenti tidak mau lagi berlanjut. Tapi dalam satu tahun terakhir dia main piano lagu-lagu yang dia sukai. Saya meminta dia mengajari adiknya semampu dia. Selama ini saya menyampaikan bahwa bila kita mengajarkan sesuatu kepada orang lain itu memberi pengaruh yang baik pada diri. Selain membuat orang lain mengerti dan bisa juga mendorong kita menemukan hal-hal baru. Kegiatan ini erat hubungannya dengan educator, communicator dan developer.

Saat bercerita tentang berteman. Dia bisa nyaman dengan tipe orang yang extrovert juga introvert. Dia bisa menjadi extrovert ketika berada di tengah teman-teman yang introvert sehingga bisa menghangatkan suasana. Sementara saat bersama sekelompok orang yang extrovert dia mimilih untuk tidak banyak bicara, karena suasana tidak akan terasa nyaman bisa semua orang bersuara. 

Sophie menyampaikan cita-citanya ingin menjadi polisi. Saya tidak tahu apakah ini pengaruh dia suka membaca buku misteri dan menonton film serta local reality show tentang Criminal Investigation. Selain itu dia juga menyampaikan saat ini baru memulai usaha online di platfrom IG. Alasan utamanya adalah dia suka mencari-cari barang secara online lalu membantu orang lain untuk mendapatkan barang yang disukai. Lalu mencari pengalaman berbisnis agar suatu di masa mendatang tidak mudah dikadalin.

Untuk berkomunikasi, dia suka baik lisan maupun tulisan. Kalau curhat dia pilih-pilih kepada orang dewasa atau teman yang bisa dipercaya. Kegiatan menulis sangat menarik menurutnya, apalagi setelah mengikuti kelas Creative Writing.

Kebiasaan dia berbicara dengan berbagai aksen tidak dia lakukan. Padahal saat briefing dia mempertimbangkan untuk melakukan itu. Lalu beberapa menit sebelum Live, dia menyampaikan urung berbicara dalam bahasa Mandarin karena malu. Tapi karena ada yang minta dia berbicara bahasa Mandarin akhirnya dia mau juga. Satu hal yang tidak kalah penting masuk dalam radar saya adalah saat dia menggunakan filter FB Live yang berbeda. Padahal waktu briefing dia memutuskan pakai filter floral.  

Tema bakat yang terlihat adalah: Communication, Ambassador, Learner, Adaptability, Belief, Relator, Operator, Futuristic dan  Includer. Tema bakat yang muncul saat briefing tapi tidak terlihat saat Live: maximizer, significance.
Selama melakukannya “Easy & Enjoy.”


Tema Bakat Sienna

Waktu Sophie sedang online, beberapa kali Sienna nyeletuk juga mengganggu dengan cara menggerakan tempat pensil biar sedikit berisik. Waktu Sophie menjawab pertanyaan audience apakah dia bisa bicara bahasa Indonesia? Karena kurang pede dia menjawab tidak, lalu Sienna berdiri di belakangnya bilang, "She can speak Bahasa. Eh Kaka bohong." Usil dan bertindak langsung tanpa mikir. 




Saat giliran Sienna tampil Live, dia langsung membuat gerakan kocak, dengan menepuk pelipis sebelah kanan terus dia teriak "Aaw..." Seakan-akan dia ingin mencairkan suasana. Dia memulai dengan menyebutkan namanya dalam bahasa Indonesia lalu berbahasa Inggris. 

Menyampaikan hobi cukup lengkap. Saya membimbing dia dengan beberapa pertanyaan dan menawarkan buku aktivitas words search dan komik Science Adventure. Biar terasa seperti sedang show and tell program di sekolahnya. Jadi akan membuat dia lebih rileks.

Lalu saya mengijinkan dia untuk utak-atik filter yang tersedia di Live FB. Disitu dia terlihat enjoy memilih-milih yang dia suka dan berakting. Saat saya menanyakan apa lagu kesukaannya. Dia menjawab tapi tidak mau menyanyikannya karena malu. Lalu saya coba lagi apakah dia mau menyanyikan lagu selamat ulang tahun dalam tiga bahasa seperti yang sering dilakukan dalam kelas kalau ada temannya yang berulang tahun. Akhirnya dia bersedia. 

Satu hal yang tidak luput dari perhatian saya. Ketika dia membaca kolom komen. Dia merespons langsung layaknya anak-anak. Kalau menurut dia salah ya salah. Saat itu dia mengomentari penulisan kata Hallo.  Lalu saat ditanya berapa usianya, dia langsung menjawab kan tadi sudah saya bilang 6 tahun.  Ya Allah nak...


Tema bakat yang terlihat adalah: Communication, Ambassador, Learner, Significance, Activator dan Explorer. 
Melakukannya dengan “Easy & Enjoy”, bahkan mengulamg lagi di facebook pribadi saya.

Alhamdulillah pada materi pertama saya bisa mengenal tema bakat anak-anak dengan baik. Saya masih harus menggali lagi dengan berbagai aktivitas seru lainnya. 💛

Comments

Popular Posts