Gamifikasi: Projek Passion dan Pembentukkan Karakter




Keseruan Hexagonia beberapa bulan ke depan di Hexagon City adalah membuat Projek Passion. Yang lahir disetiap co-housing sesuai passion warganya.

Saat berdiskusi pertama kami langsung bisa memutuskan Projek Passion kami. Sebetulnya merupakan produk yang umum dan mudah dicari. Fungsinya dalam kehidupan sehari-hari sangat terasa. Sekalipun demikian tidak mengurungkan semangat kami. Saya menyebutnya produk yang customised, dibuat sesuai pesanan atau sesuai dengan keahlian kita. Yang tidak kalah menarik adalah bila produk itu merupakan hasil karya dua atau tiga orang warga co-housing. Tapi ini tantangan karena hanya empat orang yang tinggal di satu kota. Enam orang lainnya berlainan kota.

 Bagi saya pribadi produk ke depannya, kami bisa bekerjasama karya dari Projek Passion kami dengan co-housing lainnya seperti pendidikan ibu dan anak, agama, juga sustainable living. 

Lalu dalam life stage passion saya pribadi, akan masuk ke tiga stage yaitu: passion of knowledge, service dan business. 

Untuk menguatkan fondasi Projek Passion ini, kami harus membangun teamwork dengan menguatkan karakter kinerja serta karakter moral. Sebetulnya bila dicermati pondasi yang terbentuk akan sangat berpengaruh pada perkembangan diri setiap Hexagonia selama enam bulan.

Kita tahu ada dasarnya setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Seorang penguasaha dengan seorang dokter memiliki karakter yang berbeda. Karakter bisa dibentuk. Seperti yang disebutkan oleh Inisiator Ibu Profesional, Bapak Dodik Mariyanto. Karakter itu tidak untuk diajarkan dalam kelas. Karakter itu ditularkan. Membentuk karakter bisa membantu kita dalam menemukan jati diri. Saat kita ingin membentuk karakter harus dilakukan dengan tepat dan sesuai dengan diri sendiri. Bukan dengan mengikuti pribadi orang lain. 

Membentuk karakter ini yang akan dilakukan oleh para Hexagonia. Mereka memilih karakter-karakter yang bisa melesatkan Projek Passion. Menghindari karakter-karakter negatif yang bisa menghambat.

Setelah enam bulan terlewati, Hexagonia sudah menggenggam karya dari Projek Passion masing-masing. Juga akan menjadi pribadi yang memiliki karakter kinerja dan moral yang kuat. Apapun kegiatan yang mereka lakukan di luar komunitas akan memilki ciri khas sesuai dengan core value Ibu Profesional. Kami, para Hexagonia yang merupakan bagian dari komunitas Ibu Profesional memiliki moral value yang sama. Dan ini akan bisa dirasakan oleh orang-orang sekitarnya. Idealnya demikianđź’–






Comments

Popular Posts