Gamifikasi: Zona G di Bunda Produktif

 Journal Kelas Bunda Produktif


Pada zona ini kami mengenal Growth dan Fixed Mindset, lalu melatihnya dalam kegiatan di Hexagon City. Mulai dari pribadi, Co-housing, Cluster, Kota hingga tingkat komunitas. Menuangkannya cukup sederhana tapi melatihnya butuh usaha keras.

Definisi Growth Mindset bagi saya adalah pola pikir yang dilandasi oleh rasa percaya diri mampu untuk mengembangkan keahlian ataupun kemampuan tidak terpaku pada bakat semata. Bagi orang yang memiliki Growth Mindset dalam kamus hidupnya tidak memiliki diksi "tidak". Semua bisa dilakukan just a matter of time, mereka lebih suka menggunakan kata belum. Saya tidak berhasil menjadi saya belum berhasil. 

Secara individu 
My growth mindset: Sesuai dengan karakter yang ingin saya bangun dari awal, saya memilih untuk selalu tuntas dalam mengerjakan projek passion. Untuk melatihnya saya akan membuat jadwal mingguan agar bisa mengerjakan passion secara rutin. Dan akan melakukan selebrasi bila mampu mencapai target bulanan.

Secara group dalam Co-housing
Growth mindset yang ingin saya latih adalah menyemangati teman-teman dalam melajukan Projek Passion. Melatih denga cara secara rutin menanyakan progres pengerjaan. Selebrasi akan dilakukan bersama bila semua bisa mencapai milestone 3 di akhir Februari 2021. 


Secara group dalam Cluster (optional)
Growth Mindset saya menyemangati teman-teman agar tuntas dalam mengerjakan PP sebagai bukti dari produktivitas yang maksimal. Lalu dengan cara bersamaan mempromosikan semua PP dalam satu Cluster tanpa perlu memilih-milih Co-housing agar bisa bekerjasama dengan Co-housing di Cluster lain. Selebrasi yang akan saya lakukan bila berhasil melakukan kerjasama baik di dalam maupun di luar Hexagon City.  

Tingkat kota, saya akan menghadirkan positivity dengan cara melakukan dialog bersama Hexagonia secara rutin melalui program Walikota Menyapa. Dan membuat Fact Book Hexagon City. Akan melakukan selebrasi bila mendapat anugrah dari MURI, Hexagon City sebagai kota virtual produktif pertama di Indonesia. 

Lebih luas lagi dalam tingkat komunitas. Akan proaktif sesuai peran dalam kegiatan Ibu Profesional. Selebrasi akan saya lakukkan Bila produktivitas saya berdampak pada lingkar terdekat di mana saya mengambil peran. 


Dalam pekan ini selain berdiskusi kami juga mengalirkan rasa dalam melajukan Projek Passion menuju milestone. Ada kesamaan yang kami rasakan saat menjahit. Bagi saya Menjahit itu membahagiakan.
Saya bisa membuat sesuatu yang unik sesuai keinginan sendiri. Selain itu juga bisa mengolah barang yang sudah tidak terpakai menjadi barang baru yang indah juga berfungsi ganda. Berikut aliran rasa teman-teman tentang menjahit:

Menjahit itu menyatukan yang terpisah (Sita)
Bagi saya menjahit itu mewujudkan ekspektasi menjadi realita, mewujudkan mimpi menjadi karya nyata. Menjahit adalah aktifitas yg membuat diri ini bahagia. (Atin).

Menjahit itu membuat saya lupa dengan semua masalah, membuat hidup saya menjadi sangat berarti, bersemangat, merajut asa menjadi nyata, mewujudkan kreativitas menjadi karya. Menghemat pengeluaran bahkan menambah pundi-pundi. Itulah bahagianya menjahit, hidup terasa lebih bermakna dan terasa sangat bahagia. (Nunung)

Setelah berhenti sekian lamanya, akhirnya tangan ini memegang benang dan hakpen lagi. Semoga ini menjadi pemacu untuk selalu produktif dan berkarya. (Novi).
Menjahit itu, seperti menyambungkan atau membentuk kebahagiaan diri, kadang harus digunting, mengurangi bagian bagian lain dan paling sering menyatukan bagian bagian yang terpisah. (Fitria).

Bahagia itu ketika berproses berkreasi. Mulai dari merancang, menata, memotong, menjahit. Setiap prosesnya membahagiakan. (Tati).
Merancang, menganyam, menjahit, tidak sekedar menghasilkan karya. Fokus pada kekuatan, meningkatkan kemampuan, berproses untuk menguatkan karakter dengan bahagia. (Fifi)

Dari aliran rasa di atas, teman-teman di Co-housing merasa senang dengan produktivitas yang sedang dilakukan. Sempat ada rasa khawatir ketika group whatsapp sepi tidak seperti biasanya. Ketika masuk pekan di zona Growth justru hampir semua bisa up date progress karya. Baik yang siap dipasarkan di Hexamarket maupun yang masih dalam tahap proses. 

Kegiatan apapun yang berkaitan dengan passion memang selalu menyenangkan. Bahkan bisa merasakan value kehidupan dalam kegiatan passion yang sedang ditekuni seperti yang terkandung dalam aliran rasa teman-teman di atas.

Melengkapi aliran rasa teman-teman saya juga menampilkan katalog Co-housing 1 Kerajinan Tangan di sini

_


Comments

  1. Hallo Bu Walkot,

    Coba ninggalin jejak ah, biasanya cuman baca dan ngambil pelajaran aja hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hooooo.... senang banget dikunjungi sama tetangga yang pintar ngedesign. Nuhun teh Sita :)

      Delete

Post a Comment

Popular Posts