Manfaat Teh untuk Kesehatan Kulit

Anda seorang pecinta teh?
Memiliki rutinitas menikmati sore dengan teh hangat sambil berselancar internet?

Bila iya, jangan terburu-buru membuang teh celup yang sudah tidak terpakai. Karena ampas teh tersebut masih berguna. Bahkan bisa menyingkirkan krim mata yang biasanya berharga tidak murah! Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

Teh celup bisa kita gunakan sebagai masker mata yang super.  Menggunakan masker ini secara rutin akan menghindari atau menghilangkan lingkaran gelap sekitar mata atau dark circle yang biasa juga disebut panda's eyes.  Selain itu juga bisa mengurangi kerutan di sekitar mata. 


Green tea, image of jooinn.com


Ada beberapa cara untuk membuat masker mata dari ampas teh. Bila anda biasa menggunakan teh celup, akan terasa lebih praktis.  Setelah teh celup basah, masukkan ke dalam kulkas bersama sedikit air. Atau bila ingin cepat membuat teh celup dingin, masukkan beberapa butir es batu pada gelas atau cawan yang sedikit berisi air. Sehingga teh celup tetap dalam keadaan basah tidak kering. Kita bisa langsung menggunakan dua teh celup sekaligus.

Setelah teh celup tersebut dingin, anda bisa langsung meletakkan teh celup tersebut pada  kedua kelopak mata. Rileks dan biarkan selama lima belas sampai dua puluh menit.  Kalau saya biasanya melakukan ini saat waktu istirahat. Sehingga tidak jarang malah tertidur saat sedang melakukan treatment ini.

Selain cara diatas, bisa juga menggunakan teh serbuk. Seduh teh lebih kental lalu masukkan ke dalam kulkas. Setelah air teh cukup dingin. Celupkan kapas ke dalam air teh dingin.  Kompreskan kapas basah tersebut pada kedua kelopak mata. Biarkan selama lima belas sampai dua puluh menit.  Biasanya sebelum lima belas menit, kapas sudah mengering. Maka anda harus kembali mencelupkan kapas tersebut ke dalam air teh dingin dan letakkan kembali pada kedua kelopak mata.


Tulisan sebelumnya: 


Selama ini teh yang saya menggunakan untuk masker mata ini selain teh hijau juga teh chamomileKarena hampir tiap hari saya mengkonsumsi kedua teh tersebut.  Untuk manfaat teh chamomile bisa dibaca disini.

Sementara teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kulit. Salah satunya karena mengandung antioksidan yang biasa disebut EGCG. Fungsinya untuk mencegah kerusakan DNA karena sinar UV.  Dan kandungan catechins yang bisa mengurangi iritasi pada kulit dan inflamasi karena jerawat. Kafein pada teh hijau ini yang berperan saat digunakan sebagai masker mata untuk mengurangi kantung mata serta dark circle.

Setelah tahu manfaat air teh hijau diatas, tidak ada salahnya selalu siapkan teh hijau dalam kulkas. Celupkan kapas pada air teh dingin, dan usapkan pada kulit muka yang bebas make up.  Ini merupakan treatment yang praktis juga tidak perlu merogoh isi dompet.

Untuk mengetahui apakah kulit anda cocok dengan treatment ini.  Anda bisa mencoba dengan mengoleskan air teh hijau yang pekat pada kulit pundak.  Bila tidak ada reaksi gatal atau kulit memerah, artinya anda bisa melakukan treatment praktis ini.

Sampai ketemu dalam tulisan seri home facial treatment selanjutnya.



#SehariSatuTulisan
#HomeFacialTreatment2of5

Comments

Popular Posts