Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan



Daun salam, image freepik

Minuman herbal saat ini sedang popular. Siapa yang tidak pernah mendengar minuman satu ini. Semua bumbu dapur melejit menjadi populer untuk dijadikan infused water.  Ada juga yang ingin lebih mantap dengan cara merebus diatas kompor untuk beberapa saat. Anda percaya pada khasiat infused water dari bumbu-bumbu dapur ini?

Saya termasuk yang percaya. Tahun ini terhitung delapan tahun saya terbebas dari obat maag dan sakit kepala karena minuman herbal. Keduanya tersingkir dengan teh chamomile. Manfaat teh chamomile yang saya tulis sebelumnya.


Karena pengalaman itu saya ingin menambah daftar minuman herbal yang aman, mudah dan tentu memiliki manfaat pada tubuh. Pilihan jatuh daun salam. 

Mari kita mulai dengan manfaat daun salam. Dalam salah satu artikel di detikHealth, dalam daun salam terdapat kandungan senyawa niasin, serat, tannin, dan vitamin C yang mampu menurunkan kadar trigliserida. Apa itu trigliserida?


Trigliserida adalah sejenis lemak darah, termasuk juga kolesterol. Trigliserida yang terdapat pada tumbuhan dan hewan.Lemak dan karbohidrat diubah menjadi trigliserida.  Fungsi trigliserida adalah menyimpan energi ekstra.Bila tidak digunakan dalam waktu lama, maka energi ekstra tersebut menjadi lemak. Semakin banyak kadar trigliserida dalam tubuh akan menimbulkan efek tidak baik. Selama ini selalu dikaitkan dengan penyakit yang berhubungan dengan sistem metabolik dan jantung.


Kembali ke manfaat daun salam. Dari beberapa sumber yang saya dapatkan ada banyak manfaat seperti:

  • Air rebusan daun salam bila dicampur dengan bubuk kayumanis dan madu akan membantu menurunkan berat badan. Baiknya diminum pagi saat perut dalam keadaan kosong.
  • Baik untuk mengobati tekanan darah tinggi karena mampu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah. 
  • Bila diminun sehari dua kali bisa mengurangi kadar asam urat. 
  • Rebusan air salam bila ditambah irisan lemon dan madu bisa mengatasi masalah pencernaan dan mual.
  • Minyak yang dihasilkan dari daun salam dapat digunakan untuk mengurangi nyeri yang disebabkan oleh keseleo, ketegangan otot, arthritis, rematik
  • Minum air rebusan atau menghirup uap daun salam dapat membantu menyembuhkan flu dan batuk dan menurunkan kinerja hormon stres.
  • Kandungan salisilat, fitonutrien, dan asam caffeic dalam daun salam bisa meningkatkan kesehatan jantung. Department of Human Nutrition di Pakistan melakukan riset efek daun salam pada diabetes tipe 2. Dalam 30 hari efek daun salam mengurangi resiko kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Riset yang sama dilakukan oleh Kansas State University.
  • Mengandung antioksidan yang bisa mencegah kanker.
  • Membantu mengobati luka dan bekas luka, dengan mengoleskan tumbukan daun salam.
Diatas jelas bagaimana kita bisa mendapatkan manfaat daun salam. Selain merebus atau menjadikannya sebagai campuran infused water. Ternyata industri bisnis bertindak cepat dalam menciptkan kemasan yang lebih menarik dan modern. Dalam bentuk minyak dan ekstrak berupa tablet ataupun kapsul. Untuk dapatkan ini tentu kita harus merogoh isi dompet yang tidak sedikit.

Bagi saya, proses secara natural di rumah tetap menjadi pilihan. Lebih sehat, lebih murah tapi tetap tidak mengurangi khasiatnya.



sumber:  
Bay Leaf Benefits. Herbwisdom.com
detikhealth
docdoc.com

 




Comments

Post a Comment

Popular Posts