Mana yang Terbaik, Identity atau Outcome-based Habits ?





Mengikat makna tulisan Identity-based habit dan Outcome-based habit dalam buku Atomic Habits karya James Clear.

Tiga lapisan perubahan perilaku menurut James Clear dalma buku Atomic Habits Tiga lapisan perubahan perilaku menurut James Clear dalma buku Atomic Habits
There are three layers of behavior change. Atomic Habits. James Clear




Untuk memiliki habit baru yang bertahan lama, kita harus fokus membuat identitas diri terlebih dahulu. Ini seperti cara kerja cermin yang memperlihatkan siapa diri kita yang sebenarnya baik secara sadar maupun tidak. 

Sedangkan untuk merubah perilaku secara total, harus dimulai dengan mempercayai diri mampu memulai sesuatu yang baru. Kita harus membangun identitas diri dengan berdasarkan habit.

Menurut James Clear dalam bukunya yang berjudul Atomic Habits, ada tiga lapisan yang harus kita ketahui dan dalami maknanya bila kita ingin merubah perilaku. Tiga lapisan itu seperti lapisan kulit bawang merah yang kita kupas.

Bagian terluar dinamakan hasil, lapisan kedua adalah proses dan lapisan terdalam adalah identitas. 

Lapisan terluar ini merupakan perubahan hasil. Disini perubahannya terkonsetrasi pada perubahan hasil, misalnya menurunkan berat badan, menjahit baju, memenangkan perlombaan. Target dan tujuan jelas untuk meraih hasil yang sudah dibayangkan.

Lapisan kedua adalah merubah proses. Di sini kita harus mampu merubah kebiasaan diri agar mampu mencapai yang inginkan. Fokus dengan merubah habit.

Lapisan ketiga sekaligus bagian terdalam adalah merubah identitas. Di tingkat ini kita harus mampu merubah rasa percaya pada diri sendiri. seperti cara pandang kita, image diri, penilaian pada diri sendiri juga orang lain. Semuanya berhubungan dengan percaya diri, asumsi dan sugesti.  

Bila disimpulkan dari tiga lapisan di atas, outcome adalah apa yang kita dapatkan. Proses adalah apa yang kita inginkan. Sementara identitas adalah apa yang kita percaya. 

Untuk membangun habits yang bertahan lama, James Clear menjelaskan tiga cara tersebut sama-sama memberikan perubahan. Tidak bisa memutuskan cara mana yang terbaik. Yang harus digarisbawahi justru adalah perubahan apa yang kita inginkan. Karena banyak orang yang merubah habits dengan fokus pada apa yang ingin mereka capai. Ini yang dinamakan metode outcome-based habits

Cara lain  dikenal dengan metode identity-based habits. Untuk memulai metode ini kita harus tahu terlebih dahulu mau jadi apakah diri kita? Menjadi penulis, penari atau orang berintegritas. 

James Clear menekankan bahwa untuk merubah rasa percaya diri itu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ada dua langkah yang bisa dilakukan. Pertama, putuskan kita ingin menjadi sosok orang yang bagaimana.  Kedua, rayakan pencapaian sekecil apapun agar rasa percaya diri semakin terpupuk. Metode ini bisa berlaku untuk individu maupun organisasi juga keluarga atau team.

Tuliskan apa yang ingin kita capai? Sosok atau kepribadian apa yang kita inginkan? Singkirkan keraguan sekecil apapun. Karena ini yang selalu terjadi pada orang kebanyakan. Saat keraguan datang menguaplah  rasa percaya diri yang baru mau dibangun. Maka singkirkanlah segera begitu keraguan muncul.

Penting bagi kita untuk mengetahui sukses apa yang kita inginkan, sosok apa yang ingin kita bangun. Setelah tahu jawabannya maka kita tinggal berjalan mundur dari poin yang sudah kita tentukan itu. Bersambung disini...


__

Tulisan lain tetang habits:


Comments

  1. Saya suka saya suka ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ma syaa Allah. Terima kasih sudah mampir meninggalkan jejak mbak Exmi. Semoga tulisannya memberi manfaat.

      Delete
  2. Ini harus dibaca semua hexagonia teh..agar lebih yakin terhadap identitas diri nya, dgn begitu sangat meminimalisir oleng๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa membantu utk tetap tegar ya tidak oleng. Terima kasih sudah meninggalkan jejak disini teh Aty sayang.

      Delete
  3. Masyallah, makasih banyak mbak๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  4. Masyallah, makasih banyak mbak๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  5. Masyallah, makasih banyak mbak๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts