Pentingnya Membangun Identitas Diri

 Mengikat makna tulisan Identity-based habit dan Outcome-based habit dalam buku Atomic Habits karya James Clear


image of freepik

Pada tulisan sebelumnya dibahas tentang identity-based habits dan outcome-based habits. Dua metode dijalankan untuk mencapai tujuan atau impian yang diinginkan dengan melalui  habits.  Perubahan perilaku yang dilakukan itu didasari oleh tiga lapis yang berhubungan satu sama lain yaitu identitas, proses dan hasil. 

Bila identity-based habits merubah perilaku dengan menekankan pribadi atau image seperti apa yang anda inginkan. Seperti halnya personal branding. Sebagai contoh bila orang melihat atau mendengar nama anda mereka sudah tahu bahwa anda adalah seorang blogger. Seorang yang pandai bergaul. Setelah membuat keputusan pribadi apa yang diinginkan, maka mulailah mengerjakan aktivitas yang menunjang pribadi tersebut. Dan jadikan aktivitas tersebut sebagai habits. Ketika sudah menjadi habits, saat target atau keinginan sudah tercapai. Identitas yang sudah terbentuk tetap tersemat.

Dalam Outcome-based habits, setelah mengetahui tujuan atau hasil apa yang dinginkan. Buatlah perencanaan atau jadwal aktivitas yang agar tetap berada pada track yang benar dan terarah untuk mencapai target atau tujuan yang diinginkan. Bila target sudah dicapai, apakah aktivitas-aktivitas dalam perencanaan itu akan tetap dilakukan atau tidak itu tidak mengikat. Umumnya metode ini yang sering dilakukan oleh banyak orang. Pencapaian target adalah sebagai tolok ukur kesuksesan dalam melahirkan karya. Dari karya ini orang akan mencari tahu siapa penciptanya.

Dari dua hal metode ini, identity-based habits akan melahirkan personal branding. Sedang pelaku outcome-based habits akan dikenal berdasarkan karya. Mana yang baik? Bila berbicara meraih sukses semuanya bisa dilakukan. 


Bangun Rasa Percaya Diri 

James Clear menekankan bahwa untuk merubah rasa percaya diri itu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ada dua langkah yang bisa dilakukan. Pertama, putuskan kita ingin menjadi sosok orang yang bagaimana.  Kedua, rayakan pencapaian sekecil apapun agar rasa percaya diri semakin terpupuk. Metode ini bisa berlaku untuk individu maupun organisasi juga keluarga atau team.

Dalam buku Atomic Habits dibuat beberapa contoh  bagaimana merubah perilaku dengan cara Identity-based habits seperti di bawah ini:

Menurunkan berat badan
Identitas: menjadi orang yang banyak gerak setiap hari
Small win: beli pedometer. Besok jalan 50 langkah. Esok harinya 100 langkah. Lusa 150 langkah. Bila dilakukan lima hari seminggu berturut-turut setiap hari ditambah 50 langkah. Maka di akhir tahun setiap hari akan mencapai 10.000 langkah. 

Ingin menjadi seorang penulis
Identitas: menjadi orang yang menulis sebanyak 1.000 kata setiap hari.
Small win: menulis satu paragraf setiap hari dalam satu minggu.

Ingin menjadi teman yang baik
Identitas: menjadi orang yang menjaga silaturahmi
Small win: menghubungi satu teman setiap Sabtu. Bila terus dilakukan secara rutin pada orang yang sama selama tiga bulan. Maka dalam satu tahun akan punya 12 orang teman yang tali silaturahminya terjaga baik.


Pentingnya Membangun Identitas

Menurut James Clear membuktikan identitas pada diri sendiri jauh lebih penting dari pada sekedar meraih sukses yang diinginkan.  Kalau sekedar ingin mencari motivasi atau inspirasi bisa didapat dari Youtube, mendengarkan musik favorit dan kegiatan lainnya. Dengan mudah anda akan termotivasi. Tapi jangan heran bila semangat dan motivasi ini akan menguap dalam hitungan hari atau minggu. 

Bagaimana mengatasai hal ini? Kuncinya bukan pada mendapat inspirasi atau motivasi.  Kita harus menjadi orang yang kita inginkan, lalu memulai dengan cara membuktikan identitas baru itu melalui aktivitas yang menunjang.  Banyak orang yang memiliki resolusi menjelang pergantian tahun. Tapi dalam hitungan bulan di awal tahun resolusinya sudah menguap lalu kembali menjadi sosok yang sama. 

Bila ingin berubah, James Clear tegas menyampaikan berhentilah memikirkan hasil serta mengkhawatirkan identitas. Jadilah orang yang yang bisa mencapai impian yang diinginkan. Bangunlah aktivitas dengan metode identity-based habits dari sekarang. Hasilnya pasti akan kita panen.💦

__

Tulisan lain tentang habits 


 


Comments

Popular Posts